Dinkes DKI Gencarkan Vaksin Cacar Monyet ke Kelompok Prioritas

10 November 2023 - 11:00 WIB
Ilustrasi Shutterstock

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melakukan vaksinasi kelompok prioritas tertentu untuk menekan dan mencegah penyebaran virus cacar monyet (monkeypox).

"Vaksinasi ke kelompok yang rentan tertular," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati usai acara Anugerah Humas Jakarta 2023, ketika ditanya awak media soal perkembangan penanganan kasus cacar monyet di Jakarta, Kamis (9/11/23).

Baca Juga: Polda Gorontalo Gelar Bakti Kesehatan dan Donor Darah Sambut HUT Brimob Ke - 78

Menurutnya, beberapa kelompok serta komunitas yang perlu diprioritaskan karena mereka menjadi kunci penyebaran penyakit itu. Meski demikian, ujarnya, masyarakat tetap perlu berhati-hati, karena virus tersebut bisa menular ke siapa pun, termasuk anak-anak, apabila ada kontak erat dengan penderitanya.

Ia memberikan contoh, seperti menyentuh lesi, atau jaringan tubuh yang abnormal yang tampak di kulit, seperti ruam. Dibeberkannya, terdapat kemungkinan penularan virus melalui butiran halus di udara (droplet) selain melalui kontak erat.

"Di situasi-situasi, ketika kita melihat memang kurang kondusif atau keramaian, itu memakai masker lebih baik untuk mencegahnya," jelasnya.



ay/pr/nm

Share this post

Sign in to leave a comment