Waspada, Ini Sederet Cara Mengatasi Batuk Kering dengan Bahan Alami

9 November 2023 - 21:30 WIB
Lifrbuoy

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Batuk kering merupakan salah satu gejala pada flu yang sering muncul. Jika, batuk kering dibiarkan terus menerus, maka akan mengganggu aktivitas keseharian.

Batuk kering dapat terjadi karena adanya faktor-faktor alergi, seperti debu, asap rokok, dan perubahan suhu. Selain itu, batuk kering juga dapat terjadi akibat efek samping penggunaan obat dan flu.

Dilansir dari Cleveland Clinic dan Healthline, Rabu (8/11/23), berikut beberapa bahan dan obat yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi batuk kering, antara lain:

Baca Juga: BPBD Jawa Barat Gelar Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Hidrometeorologi Tingkat Provinsi Tahun 2023

1. Minuman hangat

Cobalah teh atau air hangat dengan madu dan lemon untuk menenangkan saluran pernapasan yang sedang iritasi. Tentunya diseimbangkan dengan air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

2. Permen

Menghisap permen keras dengan mint dapat meningkatkan produksi air liur dan melegakan tenggorokan. Namun, jangan berikan permen kepada anak di bawah 4 tahun karena dikhawatirkan akan tersedak.

3. Madu

Madu dapat membantu menghentikan batuk karena mengandung antibakteri yang dapat melawan penyebab batuk. Bahkan madu dapat membunuh bakteri penyebab infeksi tenggorokan.

4. Menggunakan humidifier

Humidifier dapat memberikan kelembaban ke udara. Kelembaban ini dapat menenangkan saluran hidung, sakit tenggorokan, serta meredakan batuk kering. Kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak kelembaban dengan mandi uap atau mandi air panas.

5. Makanan hangat

Tak hanya minuman, makanan hangat juga bisa membantu menambah kelembaban sekaligus meredakan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan. Makanan hangat tentunya wajib memenuhi kebutuhan nutrisi selama batuk.

6. Kumur air garam

Air garam dapat menenangkan jaringan yang meradang dan mempercepat terjadinya penyembuhan. Garam juga dapat membunuh bakteri di area mulut dan tenggorokan.

Untuk membuat obat kumur air garam, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam air hangat berukuran 240 ml. Miringkan kepala anda ke belakang dan berkumurlah air garam dengan perlahan selama 30 detik, lalu ludahkan.

7. Menghirup uap

Seperti air hangat atau air panas dapat membantu melembabkan jaringan yang kering dan teriritasi di saluran hidung dan tenggorokan. Hal ini juga dapat meredakan iritasi.

Panaskan air lalu tuang ke dalam mangkuk. Letakkan handuk di atas kepala dan mangkuk. Hirup udara hangat secara perlahan selama 2 hingga 3 menit. Kamu juga bisa mandi air hangat dan menghirup uapnya ketika mandi.

8. Vitamin

Vitamin merupakan senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat berbagai macam vitamin dengan peran yang berbeda-beda. Contohnya, vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat mengonsumsi multivitamin yang dijual bebas di apotik.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment