[Hoaks] Menkeu Sri Mulyani Ditangkap Aparat, Karena Terlibat Kasus Korupsi Emas

18 June 2023 - 22:45 WIB
Foto: Kominfo.go.id

Tribratanews.tribratanews.com - Beredar postingan video di Facebook dengan thumbnail memperlihatkan seorang perempuan memakai baju tahanan dan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2017–2022 Ahmad Taufan Damanik sedang melakukan konferensi pers.

Dalam postingan tersebut turut disertai narasi yang menjelaskan bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani ditangkap karena terlibat kasus korupsi emas sebanyak 100 ton.

Faktanya, gambar perempuan yang mengenakan baju tahanan identik dengan foto dari artikel CNN Indonesia berjudul "DJ Chantal Dewi Konsumsi Sabu Sejak 2009: Sebulan 3 Kali". 

Baca Juga:  Polisi Ungkap Modus Dua Pelaku TPPO yang Berangkatkan WNI Kerja di Kamboja

Perempuan itu adalah Disk Jockey (DJ) Chantal Dewi yang ditangkap polisi pada 2022 terkait kasus narkotika jenis sabu-sabu. Sementara, gambar yang menampilkan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik identik dengan foto dari artikel jpnn.com berjudul "Setelah Mendapat Keterangan Pusdokkes Polri Soal Kematian Brigadir J, Komnas HAM Akan Melakukan Ini". 

Foto tersebut merupakan momen ketika Ahmad Taufan Damanik memberikan keterangan terkait pemanggilan tim forensik Polri ke Komnas HAM dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat pada 2022.

Dalam video yang terunggah di Facebook tersebut tidak ditemukan informasi yang konkrit dan sumber yang kredibel. Sang Narator hanya membacakan artikel dari kompas.com berjudul “Mahfud Duga Sri Mulyani ‘Dikelabui’ Bawahan, Cuci Uang Impor Emas di Cukai Tak Tersentuh”.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment