Tiga Napiter Ikrar Setia Pancasila

9 November 2023 - 19:33 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.tribratanews.com - DIY. Tiga narapidana kasus terorisme (napiter) yang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Yogyakarta mengucap ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tiga napiter tersebut adaah Syahrial, Syamsudin, dan Sunaryandoyo.

Ketiganya mengucap ikrar, membaca Pancasila, lalu mencium bendera Merah Putih secara bergantian di Aula Lapas Kelas II A Yogyakarta.

"Ini bentuk keberhasilan program deradikalisasi yang selama ini kita jalankan. Tujuannya agar mereka kembali menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI," ungkap Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto dikutip dari Antara, Kamis (9/11/23).

Baca Juga: Kapolda Papua Dorong Peningkatan Mutu Pendidikan SMA di Jayapura

Ia menuturkan, ikrar setia oleh tiga napiter itu menunjukkan bahwa Pancasila merupakan landasan ideal dalam mengatasi persoalan radikalisme dan terorisme. Sebab, gerakan radikalisme dan terorisme secara khusus bertentangan dengan tiga sila utama dalam pancasila yaitu Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dan sila Persatuan Indonesia.

"Harapannya, mereka tidak lagi menggunakan cara-cara kekerasan yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, melepas baiat serius dari hati, dan kembali ke NKRI," jelasnya.

Disampaikannya, ikrar setia tersebut diharapkan bisa menjadi jalan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila serta meredam bibit-bibit terorisme di Indonesia.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menggerakkan hati para warga binaan terorisme untuk bisa mengambil sikap setia kepada NKRI dan menyadari bahwa Pancasila dan UUD 1945 tidak bertentangan dengan ajaran Islam," ungkapnya.


ay/hn/nm

Share this post

Sign in to leave a comment