Presiden Jokowi: Gerakan Tanam Pohon Jadi Aksi Nyata Indonesia Hadapi Perubahan Iklim

5 December 2023 - 18:45 WIB
Source Foto: RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan penanaman pohon bersama masyarakat di Embung Anak Munting, Kabupaten Manggarai Barat, Selasa (5/12/23).

Presiden Jokowi mengatakan, kegiatan penanaman pohon tersebut sudah dilaksanakan secara bertahap di sejumlah daerah. Ia menilai, hal ini merupakan bentuk tindakan nyata Indonesia untuk menghadapi perubahan iklim yang terjadi.

“Memang kita ingin menggerakan penghijauan—penanaman pohon-pohon. Agar berkaitan dengan perubahan iklim itu betul-betul kita nyata bertindak,” ujar Presiden Jokowi, Selasa (5/12/23).

Baca Juga: Polda Sumbar berikan Trauma Healing untuk Korban Erupsi Gunung Marapi

Presiden Jokowi menyampaikan, jenis tanaman yang ditanam bersama pada kesempatan tersebut sangat beragam, baik tanaman estetika ataupun nonestetika.

“Tanaman yang ditanam juga tanaman yang banyak tanaman endemik, seperti tadi munting, bodhi, tabebuya, ada mulih, ada ketapang,” jelas Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menuturkan, saat ini telah tersebar sejumlah pusat persemaian di Indonesia yang mampu memproduksi bibit-bibit pohon. Misalnya, Persemaian Rumpin yang dapat memproduksi 6 juta bibit, Persemaian Labuan Bajo 5 juta bibit.

Kemudian, Persemaian Mangrove Bali 6 juta bibit, hingga Persemaian Mentawir 15 juta bibit. "Sehingga betul-betul negara kita akan hijau—lebih hijau dan menjadi paru-paru dunia,” tutup Presiden Jokowi.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment