Presiden Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan ke 6 Tokoh

10 November 2023 - 12:00 WIB
Source Foto : RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang telah berjasa bagi Indonesia.

Penyerahan penghargaan dilakukan dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2023 digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/23).

Pengangkatan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH-2023 tertanggal 6 November 2023. Berikut isi Keputusan Presiden tersebut.

Baca Juga: Dinkes DKI Gencarkan Vaksin Cacar Monyet ke Kelompok Prioritas

"Dengan rahmat Tuhan yang maha esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan menetapkan dan seterusnya. Kesatu menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada mereka yang namanya tersebut dalam lampiran keputusan ini, sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasanya yang luar biasa yang semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai merebut mempertahankan dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa kedua dan seterusnya," ujar Sekmil Presiden Letkol Hersan dalam acara penyerahan gelar tersebut.

Keenam tokoh yang diberikan gelar pahlawan nasional ialah:

1. Almarhum Ida Dewa Agung Jambe dari Bali.
2. Almarhum Bataha Santiago asal Sulawesi Utara.
3. Almarhum M. Tabrani asal Jawa Timur.
4. Almarhumah Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah.
5. Almarhum K.H. Abdul Chalim dari Jawa Barat.
6. Almarhum K.H. Ahmad Hanafiah dari Lampun


ndt/hn/nm

Share this post

Sign in to leave a comment