Polisi Sebut Awak dan Penumpang Pesawat yang Tergelincir di Morowali Seluruhnya Selamat

12 May 2023 - 12:00 WIB
Foto: BeritaSatu

Tribratanews.tribratanews.com - Morowali. Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menyatakan awak dan penumpang pesawat yang mengalami insiden kecelakaan di Bandara Morowali pada Kamis (11/5/23) seluruhnya selamat.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes. Pol. Djoko Wienartono, S.I.K., S.H., M.H., mengatakan untuk penumpang WNA belum diketahui asalnya, namun jelasnya adalah WNA.

"Untuk penumpangnya sendiri Warga Negara Asing (WNA) tapi untuk asalnya dari mana, kami belum tau. Namun, jelasnya WNA," ujar Kombes. Pol. Djoko Wienartono, seperti dilansir Antaranews, Kamis (11/5/23).

Kombes. Pol. Djoko menjelaskan pesawat yang tergelincir itu mengangkut empat orang awak pesawat dan empat orang penumpang WNA. Ia mengungkapkan ke empat penumpang akan menuju ke perusahaan di Morowali Utara, yakni PT Gunbuster Nickel Industri (PT GNI) yang merupakan perusahaan industri smelter nikel Indonesia di Sulteng.

Baca Juga:  Jangan Anggap Remeh, Inilah Manfaat Lengkuas yang Perlu Diketahui

Diketahui, para penumpang pesawat tersebut bernama Zhou Yuan, Teh Cha les, Wu Zhiqiang, dan Wu Xixiong. Sementara itu,  awak pesawat yakni pilot bernama Kapt Sutisno, kopilot bernama Muh Faisal, pramugari bernama Aisyah, dan teknisi bernama Ahmad Riyadi.

Lulusan Akpol 1995 tersebut menjelaskan kronologi dari insiden kecelakaan pesawat bahwa awak pesawat meminta kepada menara untuk melakukan pendaratan setelah diizinkan, pesawat kemudian melakukan pendaratan. Namun pada saat pendaratan, pesawat tidak berhenti sehingga menabrak pembatas bandara.

Lebih lanjut, Kombes. Pol. Djoko Wienartono mengatakan posisi badan pesawat sampai saat ini masih berada di luar bandara dikarenakan menunggu crane yang akan memindahkan pesawat kembali ke dalam bandara.

Sebelumnya, pesawat jenis Hawker PK-LRU 900 XP tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Morowali, Sulawesi Tengah sekitar pukul 15:00 WITA pada Kamis (11/5/23) sore.

(fa/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment