Polisi Ajak Warga Lebih Proaktif Laporkan Masalah Terkait Pilkada di Maluku

7 September 2024 - 16:00 WIB
Dok. Polda Maluku

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Polda Maluku meminta seluruh elemen masyarakat agar proaktif dalam melaporkan masalah terkait pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Kepada semua pihak terkait agar dapat segera memberitahukan setiap persoalan yang terjadi di lapangan,” ujar Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., Jumat (6/9/24).

Menurutnya, apabila ada permasalahan yang terjadi di lapangan agar bisa segera disampaikan kepada pihak kepolisian dengan terlebih dahulu melalui Whatsapp atau media sosial lainnya sehingga bisa segera ditindaklanjuti.

Ia menyampaikan bahwa Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda) ataupun pimpinan kementerian/lembaga di wilayah Maluku sudah sepakat bersama untuk memajukan daerah para raja-raja ini.

"Oleh karena itu kami butuh dukungan dari semua pihak, sehingga kami berharap Pilkada Maluku nantinya dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan damai," jelasnya.

Jenderal bintang dua tersebut juga mengajak masyarakat agar dapat bersama-sama mewujudkan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di wilayah Maluku berjalan lancar, aman, dan damai.
Baca Juga: Hasil FP1 MotoGP San Marino, Martin Tercepat Ungguli Marquez
Menurutnya, keterlibatan aktif masyarakat sangat krusial untuk menjaga integritas pilkada. Polda Maluku juga menekankan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama masa Pilkada.

Pihak Kepolisian berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan dan memastikan bahwa lingkungan pemungutan suara tetap aman.

Ia mengingatkan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) adalah tanggung jawab bersama antara masyarakat dan aparat penegak hukum.

Ia menegaskan, dengan langkah-langkah proaktif dan kolaborasi yang solid antara masyarakat dan aparat penegak hukum, Polda Maluku optimistis pilkada kali ini akan berlangsung dengan sukses dan memberikan hasil yang memuaskan bagi semua pihak.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment