Polda Sultra Gelar Rakor Pengamanan Sambut Idul Fitri 1442 H dan Mudik Lebaran

30 April 2024 - 11:03 WIB
www.tribratanews.com - Kendari. Kapolda Sultra Irjen Pol Drs. Yan Sultra, S.H pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Hukum Polda Sultra yang dilaksanakan di Aula Dachara dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, antisipasi dan pengamanan arus mudik antara Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara. 




Rakor tersebut diikuti jajaran Forkopimda Sultra yakni Sekda Provinsi Sultra, Danrem 143 Halu Oleo, Danlanud Halu Oleo, Danlanal Kendari, Basarnas Kendari serta Dinas Perhubungan Sultra. 



Dalam sambutannya, Kapolda Sultra mengatakan rakor pengamanan Idul Fitri dilaksanakan untuk menyamakan visi persepsi dan pola tindak untuk mencari solusi, sehingga permasalahan dan hambatan dapat teratasi.



“Seperti ditahun-tahun sebelumnya, perayaan Idul Fitri 1442 H ditahun 2024 maka mobilitas mudik lebaran akan tetap terjadi meskipun pemerintah menerbitkan larangan mudik,  tetapi dengan berbagai cara terutama mengelabuhi petugas, banyak masyarakat yang akhirnya tiba di kampung halaman. Kita berada pada situasi pandemi, kita semua harus mampu memberikan jaminan rasa aman dari penyebaran covid 19 agar tidak menjadi cluster baru. Selain itu, kepada pihak yang berwenang harus menjamin distribusi dan bahan pokok,” jelas Kapolda Sultra.



Perlu diketahui dinamika situasi saat ini berkembang begitu cepat, beberapa potensi ancaman dan gangguan kamtibmas masih menjadi tantangan yang harus diselesaikan. Kapolda memberikan beberapa penekanan kepada jajaran personel untuk dilaksanakan dan dipedomani yakni pertama, antisipasi kasus menonjol agar tidak meningkat dan menimbulkan kontijensi, kedua agar berkoordinasi dengan satgas covid kepada masyarakat yang mudik sampai di kampung diharuskan karantina, ketiga, agar tidak terjadi aksi sweeping oleh ormas tertentu dan menjamin ketersediaan bahan pokok.




“Dalam kesempatan rakor ini, jajaran forkopimda agar menyampaikan masukkannya untuk memberikan gambaran dan cara bertindak sehingga masyarakat aman. Semoga sinergitas yang kita bangun dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat Sulawesi Tenggara,” pungkas Kapolda Sultra.

Share this post

Sign in to leave a comment