Polda Metro sambangi pemudik di Kalibata untuk tes usap COVID-19

20 May 2024 - 11:38 WIB
www.tribratanews.com - Jakarta. Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menggelar rapid test antigen gratis bagi warga Jakarta yang baru pulang dari kampung halaman. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. 
"Jadi dengan cara kita testing lakukan swab antigen kita lakukan ke masyarakat yang baru kembali ke kampungnya kembali lagi ke Jakarta," jelas Direktur Reserse Kriminal Khusus, Kombes Pol. Auliansyah Lubis.



Dirreskrimsus menyampaikan, hal ini sebagai tindak lanjut imbauan pemerintah dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yakni melakukan Tracing dan Testing warga yang pulang mudik. Jemput bola dengan melakukan swab antigen kepada warga ini juga bagian dari upaya meminimalisir lonjakan kasus baru Covid-19 usai libur lebaran. 



Ada lima area wilayah setingkat RW masuk dalam program Kampung Tangguh Jaya (KTJ) yang dilakukan pengawasan langsung oleh Direskrimsus Polda Metro Jaya, selain KTJ wilayah Kalibata, ada juga KTJ di Kecamatan Pancoran, KTJ Lenteng Agung, KTJ Pela Mampang, dan KTJ Pesanggrahan.



Dalam rapid tes gratis ini ada sekitar 70 warga yang baru pulang dari kampung dan mengikuti rapid swab antigen gratis ini. Hasilnya, hingga saat ini belum ditemukan ada warga pulang mudik reaktif Covid-19.
"Kita lakukan di setiap KTJ kita lakukan swab seperti ini kegiatan seperti ini. Gratis, tidak dipungut biaya apapun. Dari jumlah itu kami belum dapat laporan yang positif," pungkasnya.

Share this post

Sign in to leave a comment