Polda Lampung Bentuk Komunitas Mangkubumi Putra Lampung Sebagai Wadah Mantan Napiter

16 August 2024 - 13:55 WIB
www.tribratanews.com - Bandar Lampung. Kepolisian Daerah (Polda) Lampung akan memfasilitasi pembentukan Komunitas Mangkubumi Putra Lampung. Organisasi itu sebagai wadah mantan narapidana terorisme (Napiter) untuk melakukan gerakan kemanusiaan cinta NKRI.

Perwakilan Komunitas Mangkubumi Putra Lampung, Anton Sujarwo, mengatakan komunitas itu bisa menjadi jembatan bagi orang-orang yang terpapar radikalisme, agar dapat kembali mencintai NKRI dan tidak lagi mengulangi perbuatannya.

“Tanpa komunitas ini, kami yang dulunya dikenal keras dan tertutup sekarang bisa diterima kembali di masyarakat,” terang Perwakilan Komunitas Mangkubumi Putra Lampung, Minggu, (15/08/21).

Anton mengatakan bagi para mantan napiter proses untuk kembali ke tengah masyarakat tidak mudah. Merubah pandangan radikal ke humanis butuh perjuangan dan hati yang membuka diri.

Namun dia berharap proses yang dijalani harus dipahami semua pihak. Dia juga menegaskan mereka yang dideradikalisasi tidak lagi seperti dulu.

Sementara itu, Kasubdit IV Ditintelkam Polda Lampung, AKBP M Rizal Muchtar, menjelaskan pihaknya ikut serta kegiatan sosial yang dilakukan komunitas Mangkubumi Putra Lampung.

"Kami mewakili Polda Lampung melakukan kegiatan sosial bersama dengan komunitas, semoga silaturahmi ini terus berjalan," tutur AKBP M Rizal Muchtar .

Share this post

Sign in to leave a comment