Satgassus Pencegahan Korupsi POLRI bersama PT SMI Benahi celah korupsi pada proyek Infrastruktur

8 October 2024 - 18:15 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Satgassus Pencegahan Korupsi Polri berbagi pengalaman untuk melakukan Pencegahan Korupsi termasuk penyuapan dan gratifikasi dalam pemberian dan pengelolaan Pembiayaan Infrastruktur di lingkungan BUMN. Kegiatan ini merupakan undangan dari PT SMI dan diadakan pada Hari Selasa, 8 Oktober 2024, bertempat di SMI University, Sahid Sudirman Center, Jakarta Selatan.
 
PT SMI Sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, berkomitmen untuk memastikan bahwa proses pembiayaan proyek infrastruktur di Indonesia, dilakukan dengan aman, bebas dari Proses Korupsi, sehingga sharing ini dirasa perlu untuk diadakan, Menurut Faaris Pranawa Direktur PT. SMI.

Pada Sharing Knowledge ini, Satgassus Pencegahan Korupsi diwakili oleh Kasatgassus Herry Muryanto dan Eks Raja OTT Harun Al Rasyid.

Dalam paparannya, Herry Muryanto menyampaikan tentang potensi Korupsi pada BUMN. Ada 7 Tipologi Korupsi diantaranya:
•⁠ ⁠Kerugian Keuangan Negara
•⁠ ⁠Suap Menyuap
•⁠ ⁠Penggelapan dalam Jabatan
•⁠ ⁠Pemerasan
•⁠ ⁠Perbuatan Curang
•⁠ ⁠Benturan Kepentingan dalam Pengawasan
•⁠ ⁠Gratifikasi

Menurut Herry Muryanto, potensi terbesar pada proyek pembiayaan infrastruktur adalah potensi kerugian keuangan negara, akibat adanya praktik gratifikasi dan suap yang dilakukan oleh swasta kepada pejabat negara dan atau pegawai BUMN.

Sedangkan Harun Al Rasyid menyampaikan materi seputar Melindungi Infrastruktur Publik Dari Kerentanan Korupsi-Pendekatan Berbasis Resiko.
Harun Al Rasyid juga menambahkan bahwa pentingnya kesadaran akan keyakinan bahwa Tuhan selalu mengawasi tiap tindak tanduk yang kita lakukan, sehingga setiap ingin melakukan perbuatan korup, ingat bahwa kita dilihat olehNya.

Pada sesi tanya jawab, antusiasme peserta sangat tinggi. Beberapa yang ditanyakan peserta diantaranya terkait Business Judgment Rule (BJR), Conflict Of Interest (COI) dalam pengawasan, Kickback dalam pengadaan dan pertanyaan-pertanyaan menarik lainnya.

Dalam rangka penguatan terhadap pencegahan korupsi di lingkungan PT SMI, Mereka menggandeng Satgassus Pencegahan Korupsi Polri untuk melaksanakan FGD. Hal ini sejalan dengan penugasan khusus dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada Satgassus, untuk melakukan sosialisasi Pencegahan korupsi di sektor Kementerian Lembaga, salah satunya PT. SMI.

Acara tersebut diberi pengantar Oleh Erdian Dharmaputra Kadiv Pembiayaan Publik. Dibuka dan ditutup oleh Faaris Pranawa. Sedangkan dari tim Satgassus yang turut mendampingi diantaranya: Andre Dedy Nainggolan, Andi Abdul Rachman Rachim, Panji Prianggoro, Adi Prasetyo dan Qurotul Aini Mahmudah.  

(ta/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment