Pemerintah Mulai Bagikan Rice Cooker Gratis, Tahap Awal ke 53 Ribu Rumah Tangga

13 December 2023 - 18:00 WIB
Source Foto: RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Pemerintah melalui Kementerian ESDM mulai merealisasikan pembagian rice cooker gratis kepada masyarakat. Ada 500.000 rumah tangga di 36 provinsi yang menjadi target pemerintah untuk menerima rice cooker.

Pembagian rice cooker dilakukan secara bertahap hingga Januari 2024. Adapun tahap awal dimulai pada 12 Desember 2023 dengan menyasar 53.161 rumah tangga yang tersebar di 26 provinsi.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Jisman Hutajulu mengatakan, ada lima merek rice cooker yang digunakan pemerintah alat memasak berbasis listrik (AML) ini. "Yakni Cosmos, Maspion, Miyako, Sanken, dan Sekai," ujarnya, Rabu (13/12/23).
Baca Juga: Kapolres Merauke Tandatangani Prasasti Papua Tanah Damai

Menurut Dirjen Jisman, kelima merek tersebut sudah memenuhi ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah. Rice cooker yang dibagikan tersebut memiliki kapasitas 1,8 liter sampai dengan 2,2 liter. 

Program ini merupakan hibah dari pemerintah, sehingga penerima tidak boleh memperjualbelikan rice cooker tersebut. Pada rice cooker juga telah ditempel stiker terkait larangan jual-beli.

Selain itu, dalam paket pembagian rice cooker disertakan pula brosur cara pemakaiannya untuk menjadi pedoman bagi masyarakat dengan daya listrik 450 VA.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment