Mendagri Mendorong Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional di Tingkat Daerah

8 October 2024 - 20:00 WIB
RRI

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Mendagri, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D., mendorong percepatan pengembangan industri gim nasional di tingkat daerah. Hal ini ditekankan Mendagri pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah di Kemendagri, Jakarta.

“Saya selaku Mendagri sangat mendukung kegiatan ini, program nasional ini. Karena ini sesuatu yang menurut saya harta karun,” ujarnya, dilansir dari laman RRI, Senin (7/10/24).

Dalam keterangannya ia menyampaikan, gim telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak-anak hingga orang dewasa di Indonesia. Sayangnya, Indonesia belum menggali potensi tersebut dengan maksimal, padahal menjadi negara dengan penduduk terbesar nomor empat di dunia.

“Melalui ekonomi kreatif ini, di samping dapat mendapatkan tambahan atau lapangan pekerjaan, keuangan, dan lain-lain. Saya melihatnya lebih jauh lagi, bagi teman-teman di daerah juga bisa mendapatkan PAD,” ujarnya.

Manfaat berikutnya dari pengembangan gim lokal yaitu bisa menjadi sarana sosialisasi untuk program-program pemerintah pusat maupun daerah. Mendagri memberi contoh gim terkait penanganan stunting, gim tentang pariwisata, gim tentang konservasi lingkungan.

“Di samping itu yang penting lagi saya kira, manfaat bagi nasionalisme. Karena kita tahu bahwa dalam era globalisasi ini, dominasi antarnegara tetap dilakukan untuk hegemoni,” jelasnya.

Selanjutnya ia mengatakan infiltrasi budaya asing masuk ke Indonesia bisa memengaruhi nasionalisme warga negara melalui berbagai gim. Hal ini bisa ditangani dengan menghadirkan pahlawan (hero) nasional di dalam gim.

“Menampilkan superhero nasional, wisata nasional, daerah Indonesia. Ini akan menjadi promosi yang sangat bagus sekali dan juga membuka wawasan nasionalisme kita,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyampaikan, kegiatan ini merupakan sosialisasi untuk mendorong gim lokal Indonesia. Untuk itu, perlu ada rencana aksi 2025 oleh para kepala daerah yang diturunkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2026-2029.

Ia berharap, industri gim yang akan diproyeksikan bisa menyumbang keuntungan miliaran dolar. Selain itu dapat menciptakan kesejahteraan di Indonesia Emas 2045.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment