Korban Tewas Capai 11 Orang, Menko PMK Targetkan Vaksinasi Rabies di NTT Capai 70 Persen

22 November 2023 - 10:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menargetkan vaksinasi rabies di Nusa Tenggara Timur (NTT) dapat mencapai 70 persen menyusul jumlah korban meninggal yang mencapai 11 orang per 15 November 2023.

"Vaksin itu sebetulnya baru bisa direalisasi sekitar 17 persen, karena jumlah vaksinnya masih terbatas, yang kedua biaya operasional untuk melakukan vaksinasi tinggi, oleh sebab itu kita harapkan nanti targetnya, untuk NTT vaksinasi bisa di atas 70 persen sehingga tercapai herd immunity," ujar Menko PMK Muhadjir dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (21/11/23).

Baca Juga: Kapolda Sumsel Turunkan Ratusan Personel guna Menutup Tempat Penyulingan Minyak Ilegal di Muba

Menko PMK Muhadjir pun akan segera memastikan ketika vaksinasi sudah terdistribusi, 70 persen anjing yang ada di NTT sudah divaksin. Selain itu, sudah tersedia vaksin dalam bentuk pil atau oral.

"Kebetulan sekarang ada jenis vaksin yang lebih mudah yaitu dalam bentuk pil, oral, nanti bisa dikamuflase, dimasukkan ke dalam makanan-makanan hewan, utamanya untuk anjing," ujar Menko PMK Muhadjir.

Ia menegaskan, vaksinasi besar-besaran di NTT akan segera dilakukan di bawah kendali dan koordinasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sebelumnya, pada Agustus 2023, Pemerintah Australia telah memberikan 400 ribu dosis vaksin rabies kepada Pemerintah Indonesia di Denpasar, Bali.

Dari 400 ribu dosis vaksin itu, 200 ribu dosis digunakan di Bali, sedangkan 200 ribu dosis lainnya digunakan untuk memerangi wabah rabies di Timor Barat, di mana vaksin sudah dimulai sejak 20 Juli 2023.


ndt/pr/nm

Share this post

Sign in to leave a comment