Kapolri Tegaskan Kompetensi Etik Jadi Pegangan Dalam Menjalankan Tugas

17 May 2023 - 13:30 WIB
Foto: Divisi Humas Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo mengaku banyak nilai-nilai ajaran agama Hindu yang diteladani dalam memimpin. Hal itu disampaikannya saat Dharma Santi di Gedung PTIK Polri, Jakarta Selatan.

"Tanpa saya sadari, nilai-nilai kepemimpinan yang saya pahami, itu juga banyak saya dapat dari nilai-nilai yang ada di spiritual agama Hindu. Banyak nilai-nilai kepemimpinan, walau satu nilai tapi sudah banyak yang saya rasakan, apalagi banyak," jelas Kapolri dalam sambutannya, Rabu (17/5/23).

Dibeberkan Kapolri, setiap anggota kepolisian, terutama yang beragama Hindu juga harus menerapkan nilai-nilai tersebut. Terlebih, terkait dengan etika dalam menjadi pelayan dan pengayom masyarakat.

Baca Juga: Kapolri: Renungan di Masa Nyepi Jadi Perbaikan Diri

"Kalau tidak memiliki kompetensi etik, maka sehebat apapun rekan-rekan kalau nilai-nilai spiritual dan etik tidak diperhatikan, hati-hati! Apa yang rekan-rekan miliki, kemampuan yang rekan-rekan miliki, bisa hilang dalam sekejap," ujar Kapolri.

Dengan tegas Kapolri menegaskan, setiap anggota Polri yang melakukan pelanggaran akan jauh lebih berat. Oleh karenanya, apa yang dicita-citakan dan diraih dengan segala kemampuan harus juga diimbangi dengan kompetensi etik.

Apa yang disampaikan tersebut sesuai dengan salah satu dari 8 Komitmen Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo dalam Menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan.

(ay/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment