Kapolda Metro Gelar Silaturahmi Bersama Awak Media Dalam Rangka Harkamtibmas Jelang Pemilu 2024

16 November 2023 - 14:30 WIB
pmjnews

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Karyoto, S.I.K., gelar silaturahmi dengan sejumlah awak media dan wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Polri (FWP) di Gedung Promoter Polda Metro Jaya.

Silaturahmi yang digelar dalam rangka cooling system perihal pemberitaan untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) jelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Irjen. Pol. Karyoto, S.I.K., dalam sambutannya menjelaskan apresiasi dan terima kasih kepada awak media dan wartawan yang telah memberitakan kegiatan-kegiatan positif Polri untuk menjaga Kamtibmas. Dan mengajak untuk mendukung penyelenggaraan pemilu damai, demokratis dan berkualitas dengan mengedepankan prinsip jurnalistik.

Baca Juga: Kapolda Kep. Babel Tegaskan Netralitas Polri dalam Pemilu 2024

“Media memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini publik dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya partisipasi dalam Pemilu. Kegiatan yang bertujuan menjalin komunikasi serta kerja sama yang baik Polri dan media dalam memberikan informasi yang akurat, objektif dan berimbang. Oleh karena itu, saya berharap media wartawan dapat memberikan pencerahan dan edukasi kepada masyarakat tentang hak dan kewajiban mereka sebagai warga negara dalam Pemilu,” jelasnya, dilansir dari pmjnews, Rabu (15/11/23).

“Saya juga berharap media wartawan dapat menghindari pemberitaan yang bersifat provokatif, tendensius atau mengandung hoaks yang dapat memicu konflik atau kerawanan sosial,” tambahnya.

Cooling system merupakan upaya untuk menyejukkan suasana dan juga menurunkan tensi politik yang bisa meningkat jelang pemilu.

Cooling System juga dapat dilakukan dengan memberikan ruang dialog dan diskusi antara para kontestan pemilu, penyelenggara pemilu, pengawas pemilu, aparat penegak hukum, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan media wartawan.

“Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan pandangan politik yang ada di masyarakat. Serta harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di atas segala kepentingan pribadi atau golongan. Bersikap toleran dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam berkompetisi di Pemilu, bersama-sama menjaga kondusifitas Kambtibmas agar Pemilu dapat berlangsung aman, lancar dan sukses,” ungkapnya.

“Kami siap melayani dan melindungi masyarakat, termasuk media. Kami berharap media dapat memberikan masukan dan kritik yang membangun kepada kami. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang selama ini telah terjalin baik antara media dan Kepolisian," tutupnya.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment