Kantor Staf Kepresidenan Menyoroti Tantangan Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi

19 August 2024 - 10:52 WIB
Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. KSP (Kantor Staf Kepresidenan), menyoroti, tantangan untuk bangsa Indonesia di usianya yang ke-79 tahun. Tantangan paling menonjol saat ini, adalah persoalan menjaga stabilitas ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian global.



"Paling penting bagaimana pemerintah memberikan kebijakan untuk melakukan transformasi ekonomi itu. (Seperti) kebijakan Presiden Jokowi melakukan Hilirisasi (industri) misalnya," ujar Deputi Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan, dan HAM KSP, Rumadi Ahmad, dilansir dari laman RRI, Minggu (18/8/24).

Dalam keterangannya ia mengatakan dari hilirisasi tersebut, pemerintah Indonesia bisa mendapatkan penghasilan tinggi. Yakni, dari produk hasil hilirisasi.



"Karena kita tidak lagi mengekspor barang mentah tetapi harus ada proses dalam negeri. Meskipun ini tantangannya bukan lagi dalam negeri tapi sudah menjadi tantangan luar negeri," ujarnya.



Menurut dia bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan alam harus membuktikan kepada dunia. Yaitu, Indonesia juga memiliki kekayaan SDM yang dapat mengelola sumber daya alam.



"Makanya transformasi ekonomi harus dibarengi oleh pengembangan manusia yang baik dan memadai. Persoalan seperti korupsi masih harus kita selesaikan," tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment