Hiu Paus Dengan Bobot 1,5 Ton Mati Terdampar di Pantai Garongan Kulonprogo

9 November 2023 - 12:45 WIB
Inews

Tribratanews.tribratanews.com - Kulonprogo. Satu ekor hiu paus mati terdampar di Pantai Garongan, Panjatan, Kulonprogo. Hiu paus ini belum bisa dievakuasi ke darat karena gelombang cukup besar.

Koordinator Sar Satlinmas Wilayah V Pantai Glagah, Aris Widiatmoko, mengatakan pada sekitar pukul 19.30 WIB mereka mendapatkan laporan dari masyarakat adanya paus yang terdampar.

Saat itu anggotanya langsung mengecek di lokasi dan ditemukan hiu paus terdampar namun masih di air dan terbawa gelombang.

Baca Juga: Jelang Pembukaan Piala Dunia U-17, Presiden FIFA Akan Temui Presiden Jokowi Hari Ini

“Semalam sempat terbawa ke tepi tetapi karena pasang kemudian kembali ke tengah,” ujarnya, dilansir Inews, Rabu (08/11/23).

Aris Widiatmoko, mengatakan, sejak pagi mereka terus melakukan pemantauan di sepanjang garis pantai.

Sekitar pukul 07.10 WIB kembali terpantau berada di perairan selatan Garongan di dekat lokasi. Hiu sempat terbawa gelombang lagi ke tepi namun kembali ke tengah.

Hiu paus ini diperkirakan memiliki panjang antara 8-10 meter dengan bobot mencapai 1,5 ton. Belum diketahui penyebab matinya hiu paus ini.

Rencananya hiu paus ini akan diikat pada bagian ekor agar tidak kembali terbawa arus ke tengah. Kejadian ini sudah dilaporkan ke BKSDA, untuk nantinya akan dilakukan pengecekan.

“Biasanya setelah dicek dan diperiksa akan dikubur di dekat lokasi agar tidak menimbulkan bau,” tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment