Dukung Percepatan Vaksinasi Nasional, Kapolda DIY Launching Vaksinasi Mobil Keliling

16 September 2024 - 13:20 WIB
tribratanews.com - Yogyakarta. Bertempat di Lobi Mapolda DIY, Kapolda DIY, Irjen Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si., secara resmi melaunching dan melepaskan Vaksinasi Mobil Keliling, Kamis (16/09/21).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya dalam mendukung Percepatan Vaksinasi Nasional. Untuk itu pada kesempatan ini Polda DIY melaksanakan “Launching dan Pelepasan Vaksinasi Mobil Keliling”.

Vaksinasi mobil keliling ini akan melayani kelompok masyarakat di seluruh penjuru DIY, dengan harapan target pencapaian vaksinasi di wilayah DIY segera terpenuhi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda DIY didampingi oleh Pejabat Utama Polda DIY dan Kapolres/ta jajaran secara simbolis melepas mobil vaksinasi keliling.

Pelaksanaan percepatan vaksinasi di Wilayah DIY sangat memerlukan dukungan dari sektor swasta maupun stakeholder terkait. Dimana sektor swasta memiliki peran sangat penting dalam mensukseskan vaksinasi nasional.

“Oleh karena itu saya mengimbau kepada seluruh pejabat utama dan Kapolres/ta agar menjalin kerjasama dengan pihak swasta dibidang percepatan vaksinasi,” imbau Jenderal Bintang Dua.








Dalam sambutannya Kapolda DIY juga menghaturkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terbentuknya inovasi ini.

“Tak lupa dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak penyelenggara kegiatan ini. Terus tingkatkan inovasi-inovasi yang dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya dimasa pandemi Covid-19.Semoga apa yang telah kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” jelas Irjen Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si..

Sementara itu Dirbinmas Polda DIY Kombes Pol. Drs. Anjar Gunadi, M.M., menuturkan bahwa dalam rangka mendukung kesuksesan pemberian vaksinasi masal di masyarakat, Ditbinmas dan Biddokkes Polda DIY melaksanakan akselerasi atau percepatan vaksinasi khusus di daerah terpencil. Mengingat wilayah Polda DIY masih banyak daerah-daerah terpencil yang sulit terjangkau.

“Saat ini pencapaian vaksinasi dosis 1 di wilayah DIY sebesar 76,8%, sebagian besar terdiri daerah kota, desa dan daerah yang terjangkau. Sampai saat ini khususnya di wilayah terpencil belum terfasilitasi karena terkendala geografi dan jarak ke fasilitas kesehatan,” tutur Kapolda DIY.

Oleh karena itu Ditbinmas dan Biddokkes Polda DIY membuat terobosan mobil vaksinasi keliling sejumlah 7 unit. Yang terdiri dari 1 unit mobil penling Dit Binmas Polda DIY, satu unit mobil vaksinasi keliling Biddokkes, dan 5 unit mobil penling Polres jajaran.

“Diharapkan dengan adanya mobil vaksinasi keliling ini akan mempercepat capaian vaksinasi di DIY. Dan kegiatan ini diharapkan mampu menekan jumlah penderita covid 19 sehingga wilayah DIY segera dapat terbebas dari pandemi ini,” tutup lulusan Akabri tahun 1987.

Share this post

Sign in to leave a comment