Di KTT IAF, Menkes Tekankan Pentingnya Pencegahan Demi Jaga Populasi

3 September 2024 - 18:15 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Bali. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, menyerukan pentingnya kerja sama dunia untuk meningkatkan standar minimum kesehatan. Hal itu dipandang perlu dilakukan demi melindungi populasi dunia, terutama dari penyebaran penyakit yang berstatus pandemi.

Menkes menerangkan, pencegahan harus menjadi fokus demi tetap menjaga kesehatan masyarakat.

“Dan pencegahan berarti anda perlu melakukan skrining yang sangat baik, harus melakukan pengawasan yang sangat baik untuk mencegah masyarakat anda jatuh sakit,” jelasnya dikutip dari Antara, Selasa (3/9/24).

Pada forum yang dihadiri oleh menteri kesehatan dari sejumlah negara Afrika tersebut, Menkes menekankan, seorang menteri kesehatan bukan bertugas saat ada masyarakatnya yang sakit. Namun, harus menjaga kesehatan dan mencegah rakyatnya tertular penyakit.

“Inilah saatnya kita bekerja sama, meningkatkan kapasitas pada standar minimum, semua negara, 192 negara anggota WHO, sehingga kita dapat melindungi dunia, kita dapat melindungi umat manusia, kita dapat melindungi anak-anak, dan kita dapat melindungi anak-anak dari anak-anak kita,” ujarnya.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment