Deklarasi Tiga Pilar di Bantaeng Wujudkan Pilkada Damai

9 September 2024 - 14:28 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Bantaeng— Kapolres Bantaeng AKBP Nur Prasetyantoro Wira Utomo menegaskan komitmennya untuk menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, serta memastikan pengawasan yang ketat terhadap setiap tahapan pemilihan.

Pernyataan tersebut disampaikan saat membuka kegiatan Cooling System Deklarasi Pilkada Damai Tiga Pilar bersama Forkopimda Kabupaten Bantaeng di Tribun Pantai Seruni, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Polres Bantaeng ini dihadiri oleh para Lurah, Kepala Desa (Kades), Babinsa, dan Bhabinkamtibmas dari seluruh wilayah Kabupaten Bantaeng.

Dalam sambutannya, Kapolres menggarisbawahi pentingnya kolaborasi dan sinergitas antara seluruh stakeholder untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada. Cooling System ini juga bertujuan untuk mencegah penyebaran berita hoaks yang dapat mengganggu suasana damai.

Baca Juga: Polres Jakbar Berhasil Amankan 11 Remaja Beserta Barang Bukti Diduga Hendak Tawuran

Dandim 1410/Btg, Letkol Inf. Eka Agus Indarta, yang turut hadir dalam deklarasi, mengungkapkan harapannya agar seluruh unsur TNI tetap netral dan tidak berpihak pada calon tertentu. Menurutnya, sinergi antara TNI dan Polri sangat penting untuk memastikan proses Pilkada berjalan dengan aman dan lancar.

Pj. Bupati Bantaeng Andi Abubakar, mengapresiasi pelaksanaan deklarasi ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam mendukung tahapan Pilkada. Ia mengingatkan agar semua pihak tetap menjaga situasi kondusif di bidang politik, keamanan, dan ketentraman masyarakat baik sebelum maupun setelah hasil Pilkada diumumkan.

Selama acara, sesi tanya jawab memberikan kesempatan kepada para Lurah, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa untuk menjawab pertanyaan dari Forkopimda. Mereka yang berhasil menjawab dengan baik mendapatkan sepeda dan bingkisan sebagai penghargaan.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Bantaeng Budi Santoso, Ketua Pengadilan Negeri Bantaeng Abdul Basyir, serta berbagai pejabat lainnya termasuk Kajari dan Komisioner KPU Kab. Bantaeng. Kegiatan ini menunjukkan keseriusan semua pihak dalam menciptakan Pilkada yang aman dan damai di Kabupaten Bantaeng.

(ta/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment