Berikut Beberapa Ragam Aksara di Dunia

17 April 2022 - 08:29 WIB

tribratanews.tribratanews.com - Ada beragam aksara di dunia. Ragam bentuk aksara itu sendiri tentu dipengaruhi oleh histori maupun budaya dari negara masing-masing.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aksara adalah sistem tanda grafis yang digunakan manusia untuk berkomunikasi. Aksara juga mewakili ujaran. Selain itu aksara adalah sistem tanda grafis tertentu misalnya aksara Pallawa dan aksara Inka. Sabtu, (16/4/22).

Aksara di dunia memiliki julukan yang beraneka ragam. Mulai dari aksara tertua, termuda, tersulit, terbanyak digunakan, terunik, dan terindah di dunia. Nah aksara apa saja yang yang mendapat julukan tersebut?

Berikut Julukan Aksara di Dunia :

1. Aksara Tertua

Aksara Paku adalah aksara tertua di dunia. Aksara ini ada sejak 3 ribu tahun lalu dan ditemukan di lembah sungai Efrat dan Tigris (sekarang Irak). Aksara ini dikembangkan oleh bangsa Sumeria. Aksara ini juga menjadi cikal bakal tercipta seluruh jenis aksara di dunia.

2. Aksara Termuda

Aksara Hangeul yang digunakan oleh masyarakat Korea menjadi aksara termuda di dunia. Aksara ini diciptakan oleg Raja Sejong tahun 1443 pada masa Dinasti Joseon.

3. Aksara Tersulit

Aksara tersulit di dunia adalah aksara Mandarin. Bahasa Mandarin sendiri terdiri dari beberapa dialek yaitu Mandarin Tradisional, Mandarin Sederhana, dan Hanyu Piyin (Beifang Fangyan yang merupakan dialek di China bagian Utara).
Perlu diketahui setiap dialek di China memiliki aksara yang berbeda-beda.

4. Aksara Terbanyak Digunakan

Tentunya aksara latin atau alfabet adalah aksara paling banyak digunakan di dunia. Sekitar 2500 tahun lalu alfabet digunakan oleh bangsa Semit.

Aksara ini dikenal sebagai aksara Romawi yang berkembang menjadi alfabet Inggris dengan 26 huruf sampai sekarang.

5. Aksara Terunik

Aksara Thai menjadi aksara terunik di dunia. Aksara Thai memiliki ciri huruf konsonannya yang ditulis mendatar dari kiri ke kanan. Sedangkan huruf vokalnya dari atas, bawah, kiri, atau kanan dari huruf konsonan.

6. Aksara Terindah

Aksara Burmese dari Myanmar merupakan aksara terindah di dunia. Aksara ini ditulis searah jarum jam dan dibuat dengan bentuk lingkaran. Aksara Burmese terdiri dari 33 huruf konsonan dan 8 huruf vokal.


Share this post

Sign in to leave a comment