Seriusnya Gejala Raja Singa pada Anak, Kasus Sifilis RI Melonjak 70 Persen

11 May 2023 - 07:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kasus sifilis atau raja singa melonjak lima tahun terakhir, dengan peningkatan mencapai 70 persen. Dari semula di angka 12 ribuan kasus, di 2022 tercatat sebanyak 21 ribu orang terpapar raja singa.

Raja singa tidak hanya menyerang kaum dewasa, anak-anak, dan bayi juga mengalaminya. Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan RI, dr. Mohammad Syahril, dampak sifilis pada anak bisa berakhir fatal serta memicu kecacatan.

"Jika tidak meninggal, dia juga bisa terpapar penyakit sifilis seumur hidup," ujar dr. Syahril dikutip dari Detik, Rabu (10/5/23).

Sangat berbahaya jika ibu hamil menularkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri jenis treponema pallidum ini kepada bayi atau anaknya. Sebab, bayi yang terpapar penyakit ini berisiko meninggal saat lahir.

Baca Juga:  Tim Beregu Bulu Tangkis Putri Indonesia Melaju ke Final SEA Games 2023

Sifilis pada anak sama seriusnya dengan infeksi di orang dewasa, bayi yang terpapar bakal mengalami luka dan gatal di sekitar alat kelamin. Parahnya, bisa berdampak pada organ tubuh lain seperti jantung, otak, hingga pembuluh darah.

Penularan sifilis pada anak paling banyak terjadi dari sang ibu, yang juga sebagian besar tidak melakukan skrining tes sifilis. Sebagai pencegahan dan kehati-hatian, ia mengimbau agar setiap orang menjaga risiko tersebut dengan menghindari perilaku seks berisiko.

Adapun itu, tidak berbeda dengan orang dewasa, bayi yang terkena sifilis juga akan mengalami luka dan gatal di sekitar alat kelaminnya. Bahkan sifilis ini bisa memengaruhi organ tubuh lain, seperti jantung, otak, hati, hingga pembuluh darah.

"Nah ini semuanya berkaitan dengan penularan seksual, di samping penularan transfusi darah jarum suntik, tentu saja terbesar perilaku berisiko, untuk karena itu Kemenkes mengimbau bagi yang sudah menikah, disarankan untuk tidak melakukan perilaku seks berisiko," jelasnya.

"Bagi yang belum menikah agar menggunakan pengaman untuk menghindari hal-hal yang berisiko untuk kesehatan," imbuhnya.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment