Hindari! Ini 10 Makanan dan Kebiasaan Pemicu yang Menyebabkan Diabetes Melitus

10 May 2023 - 09:01 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Diabetes melitus adalah salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia selain penyakit jantung.

Berikut ini akan kita ulas beberapa makanan dan kebiasaan tidak sehat yang bisa memicu penyakit ini, dilansir dari situs Everyday Health dan Verywell Health. Simak sampai selesai ya!

Baca Juga:  Perhatian! Ini Lima Penyebab Diabetes Melitus

1. Daging

Daging merah mengandung zat besi tinggi yang menyebabkan gangguan fungsi sel beta di pankreas. Akibatnya produksi insulin menjadi terganggu sehingga glukosa tidak dapat dikendalikan.

Begitu pula dengan daging olahan yang tinggi nitrit dan nitrat sehingga menyebabkan peningkatan resistensi insulin, kadar gula darah abnormal, dan peningkatan stres oksidatif.

2. Buah Olahan

Buah yang memiliki kandungan baik bisa berubah menjadi jahat ketika diolah menjadi bentuk lain, seperti selai, jeli, camilan manis, atau buah kaleng yang biasanya diberi tambahan pemanis. Kadar gula yang tinggi tentu meningkatkan risiko diabetes.

3. Nasi Puti

Nasi putih merupakan makanan pokok di berbagai negara, termasuk Indonesia. Nasi putih memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi, artinya dapat menyebabkan kadar glukosa darah tinggi setelah dikonsumsi. Jika Anda berpotensi mengalami diabetes, lebih baik ganti nasi putih dengan nasi merah

4. Soda dan Minuman Tinggi Gula

Minuman soda dan minuman berperisa lainnya biasanya memiliki kadar gula yang tinggi. Sudah banyak penelitian yang menyebut minuman ini merupakan pemicu dari diabetes.

5. Bumbu dan Saus

Bumbu dan saus seperti seperti mayones, saus tomat, saus barbecue, dan saus salad sering kali mengandung gula tambahan, natrium, dan lemak jenuh. Mengonsumsi makanan ini akan meningkatkan risiko diabetes.

6. Tidak Sarapan

Penelitian menyebut bahwa tidak sarapan justru meningkatkan risiko diabetes. Orang tidak sarapan mungkin akan makan lebih banyak porsi pada sesi selanjutnya. Atau mereka akan banyak makan camilan hingga sesi makan selanjutnya. Hal ini akan mengganggu produksi insulin dari pankreas.

7. Menghindari Ikan

Ikan adalah sumber protein terbaik untuk menghindari diabetes. Salmon, tuna, makerel, dan ikan sarden segar kaya akan asam lemak omega-3 yang mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Maka jangan menghindari ikan ya.

8. Makan Camilan Tengah Malam

Makan camilan di tengah malam akan membuat gula darah meningkat dan mengganggu sekresi insulin, apalagi jika itu adalah camilan tinggi gula dan garam. Jika memang harus makan camilan, makanlah camilan dari sayuran.

9. Begadang

Tidur kurang dari 6 jam sehari bisa mengganggu hormon yang mengontrol gula darah. Hal ini bisa menambah berat badan dan risiko mengalami diabetes

10. Duduk Lebih dari 30 Menit dan Jarang Olahraga

Kebiasaan yang mungkin tidak disadari adalah duduk terlalu lama. Duduk lebih dari 30 menit bisa membuat lemak menumpuk. Aktivitas fisik diperlukan untuk membakar lemak dan gula. Jangan lupa juga untuk berolahraga rutin untuk membakar lemak.

Demikian tadi telah kita ketahui beberapa penyebab diabetes serta makanan dan kebiasaan yang harus dihindari untuk mencegah diabetes melitus. Semoga bermanfaat.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment