Sering Diabaikan, Ini 5 Kebiasaan Tanpa Disadari Dapat Merusak Ginjal

2 October 2023 - 08:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Organ tersebut berfungsi menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh.

Ginjal yang rusak akan berdampak pada seluruh organ tubuh hingga memicu berbagai masalah kesehatan. Karena itu, penting menjaga kebiasaan sehari-hari yang berpotensi merusak ginjal.

Dilansir dari National Kidney Foundation, Sabtu (30/9/23), berikut kebiasaan sepele yang dapat memicu kerusakan ginjal di usia muda:

1. Kurang Minum Air Putih

Mungkin beberapa orang sudah tahu, kurang minum air putih bisa menyebabkan sakit ginjal. Penting untuk tetap terhidrasi agar ginjal berfungsi optimal untuk menyaring kadar garam berlebih dan racun dari tubuh. Bagi orang dewasa, disarankan untuk minum air putih sebanyak 1,5 sampai 2 liter air per hari. Minum air yang cukup menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal.

2. Sering Begadang

Kurang tidur dapat memengaruhi fungsi ginjal. Saat tidur, organ tubuh bekerja untuk memperbaiki masalah yang terjadi. Kurang tidur yang berlangsung dalam jangka waktu panjang dapat terus menambah beban kerja pada ginjal sehingga ginjal akan rusak.

Baca Juga:  Dahsyat, Ini 6 Khasiat Daun Sirsak bagi Kesehatan Tubuh

3. Malas Gerak dan Sering Rebahan

Menurut sebuah penelitian dari University of Leicester, sering duduk dalam waktu yang terlalu lama dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Malas bergerak dan sering rebahan juga menjadi faktor penyebabnya.

Mulailah dengan aktivitas fisik yang ringan seperti jalan kaki. Aktivitas fisik dapat meningkatkan metabolisme glukosa yang baik untuk kesehatan ginjal.

4. Suka Menahan Pipis

Menahan buang air kecil terlalu sering dapat menyebabkan batu ginjal. Kondisi ini menunjukkan adanya kandungan natrium dan kalsium yang berlebih dalam urine. Kalau tidak dikeluarkan secara teratur akan membentuk batu.

Jadi, kebiasaan menahan pipis bisa memicu infeksi saluran kencing yang berpengaruh pada kesehatan ginjal.

5. Sering Konsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan yang dikonsumsi secara berlebihan, seperti nugget dan sosis bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Sebab ada kandungan natrium dan fosfor dalam makanan tersebut.

Sebenarnya zat tersebut baik untuk kesehatan, tapi perlu dibatasi karena dapat meningkatkan risiko gagal ginjal bahkan penyakit jantung dan pelemahan tulang.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment