Menghilangkan Bau Mulut hingga Mencegah Kanker, Ini 12 Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan

17 October 2023 - 10:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Jeruk purut merupakan buah-buahan tropis yang umumnya tumbuh di berbagai negara di Asia seperti Indonesia, Thailand, dan Filipina. Jeruk purut menjadi bumbu makanan sekaligus digunakan sebagai obat herbal tradisional.

Jeruk purut mirip seperti lemon, tetapi memiliki ukuran yang kecil dan memiliki tekstur kulit buah berwarna hijau yang bergelombang dan kasar.

Dilansir dari laman Healthier Steps, Senin (16/10/23), berikut beberapa manfaat jeruk purut bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Bau Mulut

Sebelum pasta gigi ditemukan, masyarakat di Asia Tenggara telah mengunyah daun jeruk purut untuk menjaga kebersihan dan kesegaran mulut.

Jeruk purut juga dapat membantu mengatasi bau mulut, baik melalui pengunyahan daun jeruk purut atau mengonsumsi perasan jeruk purut.

2. Detoksifikasi Darah

Jeruk purut memiliki senyawa volatil yang mampu membersihkan patogen dari darah dan mendukung perawatan tubuh.

Jeruk purut membantu menyaring zat berbahaya dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga dapat membantu merangsang fungsi hati, yang mendukung proses detoksifikasi.

3. Melindungi Jantung dan Pembuluh Darah

Jeruk purut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan jantung, termasuk mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida, menurunkan tekanan darah, serta melindungi jantung dan pembuluh darah dari peradangan.

Kandungan seratnya juga membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Jeruk purut memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan pencernaan, termasuk meningkatkan kesehatan usus, mengurangi gejala sakit maag, kembung, dan gas, serta mengandung serat untuk mengontrol gerakan usus.

Komponen-komponen dalam jeruk purut juga bersifat anti-inflamasi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Mencegah Kanker

Jeruk purut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kulit dan daun jeruk purut mengandung senyawa bernama limonena, yang telah terbukti dalam uji in vitro mampu menghentikan pertumbuhan jenis sel kanker tertentu.

Tak hanya itu, jeruk purut juga mengandung senyawa lain seperti flavonoid dan terpen, yang memiliki sifat anti-kanker.

Meskipun begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menilai efektivitas jeruk purut atau kaffir lime dalam terapi kanker.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin C merupakan nutrisi yang efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan jeruk purut adalah sumber yang kaya akan vitamin ini. Vitamin C berperan dalam produksi sel darah putih yang memiliki fungsi melawan infeksi.

Baca Juga:  Sat Brimob Polda Gorontalo Salurkan Air Bersih kepada Warga Tilihua

Di samping vitamin C, limonena dalam jeruk purut juga terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Vitamin C dalam jeruk purut mendukung pembentukan kolagen yang penting bagi rambut yang kuat dan sehat, sambil juga menjaga kulit kepala dari kerusakan. Kadar kalium dalam jeruk purut meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko kerontokan rambut.

Cara memanfaatkan jeruk purut untuk rambut adalah dengan memijat jusnya ke kulit kepala, biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ini bisa dilakukan sekali atau dua kali seminggu sesuai kebutuhan.

8. Anti-aging

Jeruk purut memiliki efek anti-penuaan yang signifikan berkat tingginya kandungan antioksidan dan vitamin C dalam mendukung produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis dalam perawatan anti-penuaan.

Anda bisa menggunakannya dengan berbagai cara, seperti menambahkan minyak esensial jeruk purut ke produk perawatan kulit yang biasa Anda gunakan atau membuat masker wajah dari jeruk purut, madu, dan yogurt untuk mendukung kesehatan kulit Anda.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain sifat antioksidan dan kemampuannya meningkatkan produksi kolagen, jeruk purut juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi jerawat.

Ini disebabkan oleh kandungan tinggi antioksidan dalam buah jeruk purut, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

10. Meredakan Stres dan Kecemasan

Aroma segar dari jeruk purut membantu merelaksasi pikiran dan tubuh, dan juga dapat meningkatkan mood.

Jeruk purut telah digunakan dalam pengobatan tradisional seperti Tiongkok dan Ayurveda untuk meredakan pikiran dan saraf.

Untuk meredakan stres, Anda dapat memanfaatkan minyak esensial jeruk purut dengan cara menghirup aroma langsung atau menggunakan diffuser.

Anda juga bisa mencampur beberapa tetes minyak jeruk purut ke dalam air mandi atau mengoleskannya ke kulit.

11. Mengurangi Batuk

Minyak esensial dari daun jeruk purut membantu membersihkan lendir dan dahak dari saluran pernapasan.

Jeruk purut juga membantu melembutkan lendir dan dahak yang dapat mengganggu serta meredakan iritasi pada jaringan tenggorokan.

Untuk membuat teh dari daun jeruk purut, rebus sejumput daun dalam air selama sekitar 10 menit.

Setelah airnya dingin, Anda bisa meminumnya sebagai teh atau berkumur dengan larutan ini untuk meredakan gejala batuk.

12. Mencegah Infeksi

Jeruk purut memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat berkat senyawa aktifnya, limonena, yang membuatnya efektif melawan berbagai infeksi.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment