Inilah Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

24 April 2023 - 07:30 WIB
Foto: CNN Indonesia

Tribratanews.tribratanews.com - Alpukat menjadi salah satu jenis buah populer yang terkenal berkat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Beragam kandungan nutrisi membuat buah ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Selain bermanfaat, buah ini memiliki rasa yang manis dan lezat. Bahkan, kamu bisa mencoba alpukat dengan berbagai cara pengolahan yang berbeda-beda.

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat, tentunya mampu membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Bahkan, buah dengan rasa unik ini juga punya beragam manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat alpukat yang perlu diketahui, dilansir dari halodoc.

1. Menjaga berat badan
Alpukat mengandung serat dan karbohidrat, sehingga mengonsumsinya bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Meski mengandung lemak, tetapi buah ini tidak mengakibatkan kenaikan berat badan. Sebab, lemak yang terkandung dalam buah ini adalah lemak baik.

Meski begitu, hindarilah mengonsumsi buah alpukat secara berlebihan. Alasannya kandungan kalori dalam buah ini cukup tinggi, antara 150 sampai 200 kalori pada satu buahnya.

Tak hanya itu, guna membantu mendapatkan berat badan ideal, kamu juga disarankan untuk berolahraga secara rutin selain mengonsumsinya. 

2. Mengontrol kadar gula darah
Manfaat alpukat selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah. Dengan kata lain, buah ini sangat baik bagi pengidap diabetes. Meskipun mengandung karbohidrat, tetapi indeks glikemik pada alpukat sangat rendah, sehingga tidak akan memengaruhi kadar gula darah. 

Selain itu, mengonsumsi alpukat juga baik untuk mengontrol metabolisme pada pengidap diabetes. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah ini sebagai makanan sehat bagi pengidap diabetes.

Baca Juga:  Pemudik Lebaran Merasa Nyaman dengan Kehadiran Polisi Saat Arus Mudik

3. Mencegah sembelit
Sembelit atau konstipasi terjadi karena kamu kurang asupan serat atau tidak terpenuhinya asupan cairan harian tubuh. 

Jadi, guna mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa memenuhi asupan serat dan minum setidaknya dua liter setiap hari.

4. Mengontrol tekanan darah
Selain serat dan lemak yang baik, buah alpukat juga kaya akan kandungan kaliumnya. Jenis mineral satu ini sangat bermanfaat untuk membantu mengendalikan tekanan darah dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Tidak hanya itu, kalium juga sangat baik untuk membantu mengatur detak jantung agar tetap normal. 

5. Menjaga kesehatan mata
Alpukat mengandung antioksidan jenis zeaxanthin dan lutein di dalamnya. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science, kedua jenis antioksidan tersebut sangat penting untuk menunjang kesehatan mata. 

Artinya, rutin mengonsumsi buah alpukat dalam jumlah yang tidak berlebihan, bisa membantu menurunkan risiko masalah kesehatan penglihatan pada usia senja.

Studi tersebut  juga menyebutkan bahwa baik zeaxanthin maupun lutein, bisa membantu mencegah mata mengalami degenerasi makula dan katarak. 

6. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat alpukat juga tidak lepas dari kesehatan jantung. Kandungan mineral, protein, serat, lemak sehat, juga vitamin di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Membiasakan mengonsumsi buah dan sayuran, tak terkecuali buah yang satu ini, bisa membantu menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL), dan meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL) di dalam tubuh. 

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment