Pemudik Lebaran Merasa Nyaman dengan Kehadiran Polisi Saat Arus Mudik

22 April 2023 - 00:00 WIB
Foto: Republika

Tribratanews.tribratanews.com - Palembang. Sejumlah pemudik yang melintas keluar dari Gerbang Tol Kramasan, Sumatera Selatan, mengaku merasa nyaman mudik menggunakan jalur darat karena banyak anggota kepolisian yang bersiaga dan berjaga di sepanjang perjalanan mulai dari Pulau Jawa ke Sumatera. Salah satunya adalah Irawan (55), ayah dari empat orang anak ini adalah pemudik dari Purbalingga. Ia merasa bahwa keberadaan aparat kepolisian sangat membantu memperlancar perjalanan pertama kalinya mengendarai mobil pribadi untuk pulang ke kampung halaman di Jambi.

“Perjalanan padat mulai dari Jawa sampai tiba ke Sumatera ini. Ya, merasa nyamanlah selain polisi membantu mengurainya mereka juga mengarahkan kami ke arah jalan yang kami tuju,” jelas Bapak Irawan dilansir dari antara saat berbincang di sebuah toko swalayan yang berada di depan GT Kramasan, Jumat (21/4/23).

Ia juga mengaku bahwa dirinya baru pertama kali mudik menggunakan kendaraan pribadi sehingga beberapa kali mesti minta petunjuk arah jalan kepada petugas kepolisian. Seperti pada saat keluar dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, polisi mengarahkan jalan untuk menuju ke Jalan Tol Trans Sumatera pada Jumat pagi tadi sekitar pukul 04.00 WIB.

Baca Juga:  Polda Sumsel Terjunkan Tim Khusus Amankan Arus Mudik Lebaran 2023

Dia menyebutkan, petunjuk yang diberikan oleh personel polisi yang bertugas di luar kawasan pelabuhan itu membantu sebab jika tidak mereka akan masuk ke ruas jalan lintas provinsi bukan jalan tol.

“Sebagai seorang pemudik perdana kami berhati-hati sekali. Saat itu tanda petunjuk jalan tak jelas terlihat karena hujan, beruntung ada petugas di sekitar lokasi itu ya walau sederhana dan tampak mudah itu membantu kami,” kata dia.

Irawan dan empat orang anggota keluarganya memutuskan untuk beristirahat sejenak di dalam mobil minibus merek Avanza miliknya di halaman Masjid An Nur, Jalan Sriwijaya Negara atau di depan GT Kramasan, dan akan melanjutkan perjalanan ke Kota Jambi selepas magrib.

“Di sini kami kembali bertanya dengan petugas di (Posko Pengamanan Mudik GT Kramasan) tidak ada jalan tol atau alternatif di Jalintim, dan laporannya akan lenggang malam hari. Estimasi sampai pukul 03.00 WIB,” katanya.

(my/hn/um)

in Opini

Share this post

Sign in to leave a comment