Ini Penyebab Sering Merasa Kantuk saat Itikaf di Bulan Puasa

16 April 2023 - 22:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Seusai berbuka, umat Muslim akan melanjutkan ibadah salat tarawih. Saat 10 malam terakhir, tidak sedikit yang berlomba-lomba menjalankan ibadah Itikaf.

Namun, sering kali rasa kantuk menyerang di saat sedang menjalani ibadah tersebut. Faktanya, salah satu penyebabnya adalah banyak makanan yang manis saat berbuka.

Adapun itu, sebenarnya boleh saja mengonsumsi makanan manis. Namun, mengonsumsinya dengan berlebihan dapat menimbulkan rasa kantuk. Tak hanya itu, rasa lapar juga dapat timbul lebih cepat. Hal ini diungkap oleh spesialis gizi klinik dari RS Siloam TB Simatupang, dr. Christopher Adrian, MGz, SpGK.

Baca Juga:  Polres Karawang Pasang CCTV dan Tutup U-turn dalam Pengamanan Mudik Lebaran 2023

"Jangan berlebihan, efeknya ngantuk karena semua aliran darah langsung ke situ. Terus risikonya laper lagi karena ketika kita minum manis, insulin akan menanjak naik buat mengimbangi gula yang masuk ke tubuh. Melonjak naik, gula darah kita akan cepat turun. Memberikan respon lapar jadi akan makan lebih banyak lagi," jelas dr. Christopher dikutip dari Detik, Jumat (14/4/23).

Makanan manis yang disarankan dr. Christopher adalah kurma tiga butir dan jus buah, seperti semangka dan melon.

"Boleh nggak pakai buah saja tapi manis? Boleh. Kayak kurma 3 butir sudah manis. Jus buah, semangka, melon, dan liquid boleh banget sebagai takjil saat buka puasa. Sekalian juga kita lagi haus-hausnya. Kondisi dehidrasi kita kurang cairan butuh yang segar," terangnya.

Ia juga menyarankan untuk memberi jeda satu jam setelah buka puasa sebelum makan berat. Orang yang langsung makan berat membuat beban perut semakin hebat karena nafsu makan sedang tinggi yang dapat memicu berbagai masalah pencernaan seperti kembung, maag, dan refluks gastroesofagus.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment