Disangka Sendawa Biasa, Ternyata Gejala Kanker Kolon Stadium Tiga

2 May 2023 - 22:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Seorang wanita di Florida tak menyangka sendawa yang dialaminya ternyata gejala penyakit mematikan. Dokter mendiagnosis dirinya mengidap kanker kolon stadium 3.

Seorang perawat berusia 24 tahun bernama Bailey McBreen tersebut mengaku awalnya ia jarang sendawa. Namun sejak 2 tahun lalu, namun sejak Oktober 2021, ia mulai sering bersendawa.

Pada Februari 2022 kondisinya makin memburuk, ia mengalami refluks asam lambung. Dokter sempat mengira ini cuma gejala anxiety atau kegelisahan, dan tidak mencurigai adanya penyakit serius.

Baca Juga:  Polda NTT Gagalkan Puluhan Calon PMI Ilegal yang Akan Berangkat ke Malaysia

Sampai pada akhirnya di bulan Januari lalu, ia benar-benar tersiksa karena sendawanya disertai rasa sakit. Setelahnya ia menjalani CT scan, dan baru diketahui apa yang menggerogoti saluran pencernaannya.

"Tidak pernah dalam sejuta tahun terpikir bahwa gejala yang samar ini adalah kanker kolon stadium tiga," ujar Bailey dikutip dari Need to Know, Senin (1/5/23).

Walaupun pada awalnya tidak pernah sendawa, ia tak mengira 5-10 kali sendawa yang dialaminya akan seserius itu. Sebegitu buruknya hingga ususnya mengalami obstruksi atau kerusakan sehingga pencernaannya terganggu.

Beruntung, akhirnya dokter bisa mengangkat tumor di ususnya melalui operasi. Bailey juga menjalani kemoterapi dan akan berlanjut hingga Agustus.

(sy/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment