Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

2 May 2023 - 09:15 WIB
Foto: Kompas

Tribratanews.tribratanews.com - Daun sirih kerap dijadikan bahan paling mujarab untuk menyegarkan mulut. Khasiat ini diperoleh dari sifat antibakteri yang dapat mencegah perkembangbiakkan bakteri di dalam mulut.

Selain mencegah bau mulut, sirih diklaim menjaga kesehatan gusi dan mengobati sariawan. Ini karena, kandungan antioksidan di dalamnya mampu membasmi bakteri penyebab infeksi. Senin (1/5/23).

Bukan cuma kesehatan gusi dan mulut saja, tanaman herbal ini juga punya manfaat kesehatan lain yang, mungkin, belum banyak diketahui.

Inilah manfaat daun sirih yang jarang diketahui, dilansir dari halodoc.com

Baca Juga:  Tak Hanya Lezat, Ini Lima Manfaat Apel Bagi Kesehatan

1. Mengatasi keputihan
Selain membersihkan area kewanitaan, air rebusan daun sirih mampu mengatasi masalah keputihan.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian berjudul The effect of using red betel leaves (piper crocatum) for vaginal discharge among fertile age women (faw). Bedanya, air rebusan ini diminum, bukan dibasuh ke area kewanitaan.

Rebus 3 sampai 4 lembar daun sirih dengan dua gelas air selama 10-15 menit sampai layu. Diamkan beberapa menit hingga suhunya normal sebelum diminum.

2. Mengurangi nyeri haid
Air rebusan sirih juga mampu mengatasi nyeri menstruasi. Khasiat ini berasal dari senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirih.

3. Mengobati jerawat
Tersumbatnya pori-pori akibat produksi minyak berlebihan adalah pemicu utama jerawat di wajah. Air rebusan daun sirih bisa menjadi solusi atas permasalahan jerawat kamu.

Caranya dengan membasuh muka menggunakan air rebusan sirih. Kandungan tanin, flavonoid, dan saponin dalam tanaman ini bersifat anti bakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat.

 4. Mengatasi gatal di area kewanitaan
Sifat antibakteri dalam daun ini mampu mencegah bacterial vaginosis yang menyebabkan gatal-gatal di area kewanitaan. Untuk membasmi bakteri tersebut, basuh bagian luar vagina menggunakan rebusan sirih.

Namun, hindari menggunakan rebusan sirih dalam jangka panjang karena dapat mengubah pH pada area kewanitaan.

5. Mengobati diabetes
Jenis daun sirih merah dapat dijadikan obat herbal untuk mengobati diabetes mellitus. Melalui senyawa antioksidannya, sirih merah mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah.

6. Menyembuhkan luka lebih cepat
Senyawa saponin pada daun ini bertugas sebagai antioksidan yang mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan taninnya juga memproduksi kolagen yang meningkatkan elastisitas tekstur pada kulit sehingga tepian luka bisa menutup lebih cepat.

7. Mengobati batuk dan hidung mampet
Tak banyak yang tahu kalau daun ini juga bisa mengatasi batuk dan hidung mampet. Untuk mengatasi gejala flu tersebut, sirih perlu direndam dalam minyak, dihangatkan, lalu dioleskan ke dada. Air rebusan sirih yang dicampur madu juga efektif mengatasi batuk berdahak.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment