Catat, Ini 5 Rebusan Herbal bagi Penderita Asam Lambung

14 December 2023 - 08:30 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. asam lambung merupakan kondisi yang ditandai dengan rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit ini muncul minimal dua kali dalam seminggu.

Jika kondisi asam lambung menjadi lebih parah dan terjadi terus-menerus dapat mengarah ke kondisi penyakit refluks gastroesofagus atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

GERD biasanya dapat diobati dengan obat-obatan medis yang dibeli di apotek. Seperti yang mengandung antasida, penghambat pompa proton, prostaglandin, atau sukralfat.

Baca Juga: Pastikan OMB Berjalan Dengan Baik, Tim Sops Polri Gelar Supervisi ke Polda Gorontalo

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (13/12/23), berikut beberapa bahan alami dan herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai rebusan untuk asam lambung, antara lain:

1. Jahe

Penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa bantu mengatasi mual, muntah, dan gejala lainnya. Ini lantaran jahe bersifat antiinflamasi alami yang dapat mengurangi pembengkakan, iritasi pada kerongkongan, serta menghambat produksi asam lambung.

Peneliti menyarankan untuk mengonsumsi dosis harian jahe sekitar 1.500 miligram. Asupan jahe yang lebih tinggi dapat memiliki efek samping.

Cara menggunakan jahe sebagai obat asam lambung bisa dengan merebusnya di dalam air atau merendamnya dalam secangkir air panas selama untuk diminum.

2. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki efek antiinflamasi yang tinggi. Dengan mengonsumsi kunyit disebut bisa mengurangi peradangan pada kerongkongan dan lapisan perut.

Untuk mengonsumsinya sebagai obat asam lambung, kunyit dapat direbus dan diminum air rebusannya.

3. Chamomile

Menurut sebuah penelitian, chamomile memiliki efek menenangkan dan dapat bantu mengurangi peradangan. Chamomile yang dijadikan secangkir teh bisa meringankan gejala asam lambung atau GERD saat dikonsumsi setelah makan atau sebelum tidur.

4. Akar Licorice

Penelitian menyebut bahwa akar licorice mengandung senyawa yang dapat menghambat enzim yang terlibat dalam sekresi asam, yakni enzim H / K ATPase.

Tak hanya itu, licorice dapat melindungi kerongkongan dari kerusakan dengan meningkatkan aktivitas lendir. Lendir ini dapat bertindak sebagai penghalang asam di perut dan kerongkongan.

Dengan begitu, akar licorice bisa dimanfaatkan sebagai rebusan untuk mencegah terjadinya asam lambung.

5. Madu

Hasil penelitian menunjukkan madu juga bisa meningkatkan lendir yang menjadi penghalang asam. Tak hanya itu, madu disebut dapat mempercepat penyembuhan pula.

Madu dapat ditambahkan ke rebusan atau rendaman herbal, sehingga bisa bantu mengobati asam lambung dan kemungkinan rusaknya kerongkongan.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment