4 Kreasi Menu Olahan Ikan Berempah Untuk Optimalkan Kesehatan Saat Puasa

14 April 2023 - 19:15 WIB
Foto: antaranews.com

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Berpuasa di bulan Ramadan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa tips olahan ikan yang mendapat mengoptimalkan kesebahan saat berpuasa.

Pengamat gizi dan pangan Endang S. Sunaryo menyarankan makanan yang disajikan selama sahur dan berbuka puasa harus bernutrisi. Tujuannya, agar badan tetap kuat dan sehat selama berpuasa. Misalnya, menu ikan laut yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti asam lemak, esensial omega 3 dan omega 6, vitamin D, protein khususnya bioaktif peptida, hingga asam amino, antara lain asam amino glutamat dan asam amino glutamin.

"Secara alami, asam glutamat ditemukan dalam 10-25 persen dari semua protein dalam makanan. Monosodium glutamat alami bisa ditemukan di nyaris semua bahan dasar makanan, terutama makanan berprotein tinggi seperti keju, daging, ikan. Apalagi, jamur dan beberapa sayuran seperti tomat dan rumput laut," jelas Endang, Jumat (14/4/23).

Menurut dia, agar mudah dalam penyajiannya, ikan laut dalam dapat disiapkan menjadi kaldu. Berikut empat inspirasi menu ikan laut kaya rempah untuk disajikan selama puasa:

Baca Juga:  Korlantas Polri Imbau Pemudik Tak Gunakan Sepeda Motor, Karena Sangat Berbahaya

1. Sup ikan laut
Menu ini menjadi salah satu menu puasa yang mudah dibuat dan sangat lezat. Berbagai jenis ikan laut, seperti salmon, kakap, tenggiri, tuna alias kerapu bisa dikreasikan menjadi sup. Tambahkan beberapa sayuran seperti wortel, kentang, bawang putih, bawang bombay dan rempah-rempah untuk menambah aroma dan cita rasa yang lezat.

2. Gulai ikan
Menu ini bisa menjadi ide menu olahan ikan berikutnya. Menu tradisional itu terkenal dengan rasa rempah-rempahnya yang kaya dan lezat ini disajikan dengan santan.

3. Ikan pepes
Ikan pepes dibuat dengan menggunakan ikan yang dicampur rempah, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, daun jeruk, dan serai. Meski cukup sederhana, menu ini juga mengandung nutrisi yang dapat membantu mengoptimalkan kesehatan tubuh selama bulan puasa. Ikan pepes juga bisa dibuat menggunakan ikan air tawar, seperti ikan mas, gurame alias ikan nila dan ikan laut.

4. Pindang ikan
Menu ini tentu tidak asing bagi kebanyakan orang. Menu ikan laut unik khas Sumatera Selatan khususnya Palembang ini dibuat menggunakan ikan jenis tongkol alias patin. Lalu, dimasak dengan rempah, seperti kunyit, jahe, lengkuas, daun jeruk dan daun salam.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment