Polisi Sebut Penerapan One Way Sistem Solusi Kemacetan Padang - Bukittinggi

5 May 2023 - 11:00 WIB
Foto: Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Padang. Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat mengklaim penerapan jalur satu arah atau one way system menjadi solusi kemacetan panjang di jalur Padang- Bukittinggi saat libur Idul Fitri tahun ini.

Dalam keterangannya, Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes. Pol. Hilman Wijaya, S.I.K., M.H., mengatakan sebelum pemberlakuan sistem satu arah yakni saat libur Idul Fitri 2022 jalur Padang menuju Bukittinggi ini terdapat titik-titik yang padat kendaraan bahkan pemudik membutuhkan waktu 10 jam untuk menempuh perjalan tersebut.

"Setelah kita lakukan one way jarak tempuh menjadi tiga jam saja dan tidak terjadi lagi titik-titik kepadatan di jalur tersebut," ujarnya dilansir dari Antaranews, Kamis (4/5/23).

Baca Juga:  Polisi Usut Kasus Dugaan Pelecehan Seksual di Bekasi

Kombes. Pol. Hilman Wijaya mengungkapkan, meski jumlah kendaraan yang masuk melalui Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang Panjang dan Bukittinggi mengalami kenaikan dari 2022 namun semua berjalan lancar. Diketahui, pada tahun ini ada 40.872 kendaraan yang masuk jalur tersebut sementara pada 2022 hanya 14.373 kendaraan saja.

Selain itu, dengan adanya pemberlakuan one way dapat menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Sumbar khususnya di Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang Panjang dan Kota Bukittinggi.

Dan untuk waktu tempuh dari Kota Padang ke Bukittinggi melalui jalur one way pada saat Operasi Ketupat Tahun 2023 menjadi lebih cepat jika dibandingkan pada saat arus mudik tahun 2022 atau sebelum adanya one way system.

Kemudian untuk faktor keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas saat arus mudik lebaran 2023 menjadi lebih aman dan lancar serta mendapat respons yang positif dari masyarakat dalam menangani kepadatan arus mudik dan balik yang telah terjadi bertahun-tahun.

(fa/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment