Libur Panjang Akhir Pekan, Polri Akan Terapkan Ganjil Genap di Puncak Bogor

31 May 2023 - 12:00 WIB
Foto: Ilustrasi Kemacetan Puncak Bogor

Tribratanews.tribratanews.com - Bogor. Dalam rangka menjelang libur akhir pekan, Kepolisian menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di Jalan Raya Puncak. Salah satunya yaitu dengan menerapkan ganjil genap, yang akan dimulai besok sore.

"Iya, ganjil genap mulai besok sore. Sesuai Permenhub Nomor 84 Tahun 2021, ganjil genap menuju kawasan wisata Puncak diberlakukan satu hari menjelang hari libur nasional," jelas KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto, Selasa (30/5/23).

Ia mengungkapkan bahwa ganjil genap diterapkan saat libur Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak. Ganjil genap akan diterapkan sampai dengan Minggu (4/6/23).

" Kami akan (terapkan) ganjil genap sampai hari Minggu," jelasnya lebih lanjut.

Baca Juga:  Polri Ungkap 7 Kasus Narkoba, Sita Ribuan Butir Ekstasi dan 75 Kilogram Sabu

Ia pun memprediksi bahwa kepadatan long weekend besok akan terjadi mulai Jumat (2/6/23). Sekitar 150 personel disiapkan untuk memastikan jalur Puncak tetap aman untuk digunakan.

"Kemungkinan (padat) mulai Jumat sore sampai malam, tapi kami masih melihat situasi. Personel yang disiagakan 150 pada Kamis, Sabtu, dan Minggu," tambahnya.

Diprediksi kepadatan di Jalur Puncak pada momen long weekend ini terjadi pada Jumat, 2 Juni 2023. Apabila nantinya terjadi peningkatan volume kendaraan signifikan, petugas akan menerapkan sistem satu arah atau one way di Jalur Puncak.

Rekayasa sistem satu arah juga akan disiapkan untuk long weekend besok. One way dilakukan secara situasional melihat volume kendaraan di Puncak. Apabila volume sudah tinggi, one way diterapkan.

(my/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment