Kapolda Jelaskan Tantangan Geografis Daerah Dalam Distribusi Logistik Pemilu

29 January 2024 - 14:53 WIB
Dokumentasi antara

Tribratanews.tribratanews.com - Papua. Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri memastikan pengamanan distribusi logistik Pemilu 2024 dilakukan bersama TNI dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua.

"TNI, Polri siap membantu bila KPU mengalami kendala dalam pendistribusian logistik," jelas Kapolda dikutip dari Antara, Senin (29/1/24).

Baca Juga: Bawaslu DKI Tertibkan Lebih dari 11 Ribu Alat Peraga Kampanye

Kapolda menjelaskan, di wilayah Papua memang terdapat lokasi yang sulit dijangkau akibat cuaca buruk, salah satunya adalah Kabupaten Mamberamo Raya. Di daerah tersebut, rawan air sungai meluap, dan mengharuskan berjalan kaki selama dua hingga tiga hari.

Selain itu, ada juga pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Pasifik, sehingga memiliki tingkat kesulitan tersendiri karena gelombang bisa mencapai dua meter. Namun, saat ini Polda Papua memiliki dua kapal patroli yang disiagakan di Jayapura, sedangkan untuk pesawat atau helikopter berada di bawah kendali Kodam XVII/Cenderawasih.

"Yang pasti, bila KPU mengalami kesulitan saat mendistribusikan logistik dan meminta bantuan ke TNI, Polri; maka kami siap membantu," ungkap Kapolda.

(ay/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment