BPBD Dalami Sebab Kebakaran Hutan Jati di Taman Nasional Baluran Situbondo

13 June 2023 - 11:30 WIB
Foto: Jatim.inews.id

Tribratanews.tribratanews.com - Situbondo. Hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim), terbakar pada Minggu (11/6/23) malam. Api berhasil dipadamkan petugas sekitar satu jam kemudian.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Sruwi Hartanto, menjelaskan kawasan hutan jati yang berlokasi di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih itu, terjadi sekitar pukul 20.30 WIB.

"Kebakaran hutan jati informasi yang kami terima terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, setelah mendapatkan informasi petugas dari BPBD langsung lokasi dan api berhasil dipadamkan pada pukul 21.40 WIB," ungkap Sruwi Hartanto.

Baca Juga:  Polisi Terus Upayakan Negosiasi Dalam Pembebasan Sandera Pilot Susi Air

Kebakaran hutan itu terjadi di Blok Pengarengan, RPTN Watunumpuk. Daun jati dan ranting serta semak yang mulai mengering pada musim kemarau tahun ini membuat api dengan cepat merambat.

"Begitu mendapatkan informasi kebakaran, petugas Taman Nasional Baluran bersama pemadam kebakaran SPTN W II sampai di Blok Pengarengan sekitar pukul 21.45 WIB," ujar Kepala BPBD Situbondo.

"Mengenai penyebab kebakaran hutan, hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti dan sedang didalami," tutupnya.

(as/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment