Begini Langkah Kapolda Metro Jaya Cegah Tawuran dan Wujudkan Pemilu Damai di Jakarta

10 January 2024 - 13:45 WIB
Dok. Polda Metro Jaya

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Karyoto, S.I.K., melaksanakan kegiatan kunjungan ke Pos Satkamling RW 04 Kramat Jalan Kramat Pulo Raya Gang 10, Kramat Senen, Jakarta Pusat. Hal tersebut merupakan salah satu kegiatan Polda metro Jaya dalam mencegah suatu tindakan melanggar di lingkungan sekitar, Selasa (9/1/24).

"Banyak korban meninggal akibat tawuran adalah remaja yang masih SMA. Oleh sebab itu, segala sesuatu yang berkaitan dengan anak merupakan tanggungjawab orang tua. Sebagai orang tua harus tau kebiasaan anak kita, sedang apa dimana dan dengan siapa dan saya sudah memerintahkan kepada dirkrimsus untuk mencari orang atau kelompok yang suka menghasut anak-anak kita untuk melakukan tawuran,” jelas Kapolda.

"Peran orang tua sangat penting dalam memantau anak, sehingga dapat membatasi atau mencegah anak untuk melakukan hal negatif dan alat kontrol yang paling gampang dalam memantau anak adalah HP," tambah Kapolda.

Baca Juga: Polisi Imbau Korban Penggelapan Kendaraan Melapor

Irjen. Pol. Karyoto mengatakan bahwa para Bhabinkamtibmas untuk menghidupkan kembali pos kamling di wilayahnya, karena Hal ini merupakan suatu wadah untuk silahturahmi saling kenal dan bertukar informasi sebagai cara untuk meredam suatu tindakan yang melanggar hukum.

“Di setiap pos kamling harus ada nomor Kapolsek atau Bhabinkamtibmas untuk dihubungi oleh masyarakat, kerena komunikasi merupakan cara paling efektif untuk meredam suatu tindakan melanggar hukum, apabila semua masyarakat dapat bertindak menjadi polisi untuk dirinya sendiri maka akan tercipta situasi yang aman dan kondusif,” ungkap Kapolda.

Kapolda berpesan, terkait pemilu 2024 agar saling menghargai dan menghormati pilihan satu sama lain karena Pemilu ini merupakan pesta demokrasi sehingga harus dilaksanakan dengan bahagia dan aman. Mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing.

(bg/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment