Polda Jabar Berhasil Gagalkan Penyelundupan Satu Ton Sabu Jaringan Internasional di Kabupaten Pangandaran

17 March 2022 - 18:37 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Pangandaran. - Subdit 1 Direkrorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat berhasil menggagalkan penyelundupan 1 ton sabu di Pantai Madasari Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Rabu, (16/03/22).

Selain berhasil mengamankan barang bukti sabu sebanyak 1 ton, polisi pun mengamankan 4 orang pria yang diduga terlibat dalam penyelundupan narkoba tersebut.
 
Direktur Ditresnarkoba Polda Jabar, Kombes Pol. Johannes R. Manalu, bersama Wakil Direktur Ditresnarkoba AKBP Nuredy Irwansyah, membenarkan telah berhasil menggagalkan masuknya narkoba sabu jaringan internasional asal Iran yang hendak masuk ke wilayah Indonesia melalui parairan internasional dan masuk ke Pantai Mandasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, menggunakan kapal nelayan untuk membawa sabu tersebut.

Kombes Pol. Johannes R. Manalu mengatakan sebanyak lima orang tersangka yang ditangkap, satu di antaranya merupakan warga negara asing (WNA).

"Ada 66 karung yang berisi kotak tupperware dan bungkusan lakban bening yang diduga berisikan Sabu dengan perhitungan kasar lebih kurang bruto 1.000 kilogram," terang mantanKabidpropam Polda Metro Jaya

Direktur Ditresnarkoba Polda Jabar menjelaskan empat tersangka itu berinisial DH, HH, AH, NS, dan M yang merupakan WNA, dan semuanya telah ditahan polisi.

"Mereka diduga kuat terlibat dalam tindak pidana kepemilikan narkotika jenis sabu tersebut," tutur lulusan Akabri tahun 1996.

Menurut Perwira Menengah Polda Jabar bahwa narkoba jenis sabu seberat satu ton itu ditemukan disembunyikan dalam perahu yang dibungkus dalam karung setelah diangkut dari kapal ikan tradisional yang berada di perairan internasional.

Informasi yang diterima bahwa ada sejumlah transaksi yang dilakukan di laut dengan metode antar kapal di sekitar perairan selatan Jawa Barat

Share this post

Sign in to leave a comment