Wakapolda Jabar : Disiplin Bermasker Tekan 70% Penyebaran COVID-19

24 September 2020 - 13:46 WIB
  www.tribratanews.com – Bandung. Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Brigjen Pol. Eddy Sumitro melakukan pemeriksaan langsung pelaksanaan operasi yustisi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.  

Operasi yustisi bertujuan untuk mengingatkan masyarakat terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Seperti di antaranya menggunakan masker. mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, merupajan kewajiban untuk melindungi diri sendiri, keluarga, hingga orang-orang yang berada di sekitar dalam rangka mencegah penularan COVID-19.  

Wakapolda Jabar meninjau langsung ke Taman Pembaharuan, Jalan baru, Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta. Kegiatan saat tersebut dilakukan penindakan kepada para pelanggar. Targetnya setiap polres melakukan dua titik stasioner, yakni satu mobile di setiap pollsek satu stasioner. Hal tersebut untuk mengedukasi masyarakat agar terbiasa menggunakan masker, sanksi bukan jadi ukuran. Operasi tersebut hanya untuk mengingatkan masyarakat.  

“Jadi kami mengedepankan mitra kami dari Satpol PP kemudian di-backup TNI-Polri. Tujuannya mendisiplinkan masyarakat untuk melakukan 3M, atau menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” jelas Wakapolda Jabar.  

Operasi yustisi tersebut diharapkan dapat menjadi pengingat bagi warga. Kalau ada warga yang terjaring operasi yustisi, dan terkena sanksi, maka dia akan akan selalu ingat untuk selalu mengutamakan protokol kesehatan. Jika masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan setiap kegiatan di luar rumah, diharapkan penularan COVID-19 bisa ditekan sampai 70%.  

Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Kabupaten Purwakarta digelar secara humanis dan persuasif. Operasi yustisi juga bertujuan untuk membantu pemerintah Kabupaten Purwakarta guna mendisiplinkan masyarakat dalam menggunakan masker. Operasi yustisi dilaksanakan di beberapa titik di wilayah Purwakarta dan juga dilaksanakan oleh 14 polsek jajaran Polres Purwakarta. Termasuk tim yang bergerak secara mobile.  

Pada Operasi Yustisi tersebut personel Polres Purwakarta diwajibkan membawa masker cadangan setiap harinya. Sehingga dapat diberikan kepada masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker.  

Kepolisian memgajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melawan COVID-19. Kepolisian juga berharap dengan menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan, penyebaran COVID-19 bisa terputus sehingga semua kembali normal  

(fb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment