Satbrimobda Polda Jabar Hancurkan Temuan Granat di Ladang Perkebunan Warga

12 March 2024 - 15:59 WIB
www.tribratanews.com- Tasikmalaya. Satuan Brimob Daerah Polda Jabar menghancurkan dua granat nanas yang ditemukan di Kampung Siluman, Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Kamis (11/3/2021).

Dua granat dihancurkan (disposal) dengan cara diledakan di lapangan tembak dollar di wilayah Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

"Hari ini kami ledakan 2 buah granat nanas yang ditemukan di wilayah Cibeureum. Alhamdulillah tidak ada kendala semuanya berjalan lancar," ujar Kabag Ops Polresta Tasikmalaya Kompol Shohet, Kamis (11/3/2021).

Kabag Ops Polresta Tasikmalaya mengatakan bahwa kedua granat tersebut masih aktif dan kondisinya masih bagus saat ditemukan oleh warga. Prosesi disposal dilaksanakan oleh tim penjinak bom Gegana Brimob Polda Jabar yang merupakan ahlinya soal bom dan bahan peledak.

"Penemuan granat seperti ini bukan kali pertamanya di Kota Tasikmalaya. Sebelumnya ada mortir yang telah kami ledakan di Indihiang beberapa waktu lalu," ucapnya.

Dua buah granat nanas yang sudah berkarat dan masih aktif tersebut sebelumnya ditemukan seorang warga, Aep Saepudin (60) yang sedang membersihkan rumput ilalang di halaman belakang rumah milik warga di Kampung Siluman, Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Rabu (10/3/2021).

"Saya lagi bersih-bersih rumput, cangkul saya mengenai benda seperti kaleng. Pas saya lihat ada granatnya," ujar Kabag Ops Polresta Tasikmalaya di lokasi penemuan granat, Rabu (10/3/2021).
Menurutnya, granat yang sudah berkarat tersebut berada di dalam ember ukuran sekira satu kilogram dan ditanam di tanggul kolam ikan. "Ada dua pak. Saya langsung memberi tahu yang punya rumah kemudian dilaporkan ke Polsek Cibeureum. Katanya granat nanas," ucapnya.

Selain itu Angota Polsek Cibeureum yang datang ke lokasi, langsung memasang garis polisi di sekitar penemuan dua granat untuk mengamankan dan menyeterilkan lokasi.


(bb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment