Polisi Berikan Penghargaan Kepada Warga Yang Bantu Korban Kecelakaan Maut di Gunung Geurute

3 August 2024 - 18:00 WIB
Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Aceh. Kepolisian Daerah Aceh melalui Direktorat Lalu Lintas, memberikan penghargaan kepada warga yang membantu mengevakuasi korban kecelakaan minibus masuk jurang di Gunung Geurute, Kabupaten Aceh Jaya.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes. Pol. M. Iqbal Alqudusy, S.H., S.I.K., mengatakan penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian menolong korban kecelakaan lalu lintas.

"Aksi dilakukan warga tersebut patut diapresiasi dengan memberikan piagam penghargaan dan tali asih terhadap kepeduliannya menolong korban kecelakaan lalu lintas," ujarnya, dilansir dari laman Antaranews, Jumat (3/8/24).

Adapun warga yang menerima penghargaan dan tali asih tersebut yakni Veri Akbar, Darwan, Saja, dan Maria.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,2 Kembali Mengguncang Wilayah Melonguane, Sulawesi Utara

Sebelumnya, minibus Toyota Innova Reborn dengan nomor polisi BL 1979 JJ mengalami kecelakaan lalu lintas tunggal di KM 61, di Gunung Geurute, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (31/7) pukul 01.20 WIB. Minibus tersebut masuk jurang sedalam 30 meter.

Ia mengungkapkan bahwa pada saat kejadian, Veri Akbar mendengar suara orang minta tolong dan suara klakson mobil di muara sekitar lokasi minibus usai jatuh masuk jurang.

Karena penasaran, Veri Akbar mengajak warga lainnya yakni Darwan dan Saja, mengecek ke sumber suara. Kondisi pada malam kejadian tersebut gerimis.

Saat ketiganya tiba di tempat kejadian perkara (TKP), mereka melihat minibus tersebut. Seorang penumpang terlihat tergeletak di luar minibus tersebut. Selanjutnya, mereka mengabari warga lainnya membantu evakuasi.

"Ketika itu, semua korban masih dalam kondisi bernyawa. Lalu. warga membantu evakuasi korban ke Puskesmas Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, menggunakan mobil penumpang yang sedang istirahat di rumah makan kaki Gunung Geuruete," jelasnya.

Seorang korban wanita saat hendak dinaikan ke mobil penumpang Toyota Hiace menjerit kesakitan. Korban berjenis kelamin wanita itu kemudian dibawa menggunakan L300 milik Adi dan istrinya, Maria, menuju puskesmas.

Pemilik mobil barang L300 sempat memberi kain panjang untuk menutupi tubuh korban. Namun, setiba di Puskesmas Lhoong, korban dinyatakan meninggal.

"Aksi mulia warga ini patut diapresiasi dan diberi penghargaan. Semoga apa yang dilakukan mereka memberi contoh partisipasi masyarakat lain terutama dalam menolong korban kecelakaan lalu lintas, " tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment