Polda Papua Laksanakan Kegiatan “Lestarikan Negeri dan Peduli Literasi Untuk Indonesia Maju”

19 October 2023 - 18:30 WIB
Foto: ceposonline

Tribratanews.tribratanews.com - Jayapura. Polda Papua laksanakan Bakti Sosial Polri Presisi dengan tema “Lestarikan Negeri dan Peduli Literasi Untuk Indonesia Maju” dipimpin langsung oleh Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H., beserta jajaran, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Tokoh masyarakat dan adat, tokoh agama, Perwakilan Komnas HAM beserta pihak-pihak terkait lainnya.

Polda Papua mengajak masyarakat dan jajarannya untuk giat melakukan penanaman bibit pohon. Hal ini disampaikan Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H., dalam meresmikan sumur bor dan penanaman bibit pohon di Gereja GIDI Kalfari Kampung Koya Koso Distrik Abepura Kota Jayapura.

Dalam arahannya, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., M.H., ini menjelaskan bahwa pentingnya menanam bibit pohon untuk mengantisipasi kesulitan air bersih di masa musim kemarau panjang yang akan melanda hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Polda Papua lewat kegiatan Bakti Sosial Polri Presisi akan menanam 70.635 bibit pohon di 29 Kabupaten kota wilayah hukum Polda Papua,” jelasnya, dilansir dari ceposonline, Rabu (18/10/23).

Baca Juga:  Kapolda DIY Hadiri Acara Sarasehan Bersama Tokoh Agama se-Yogyakarta

Ancaman musim kemarau panjang yang disebabkan oleh pembakaran lahan dan hutan membuat pemerintah termasuk Polri dalam hal ini Polda Papua harus mengambil langkah segera.

“Apa yang dilakukan oleh Polres Jayapura itu patut diapresiasi. Di mana anggota yang mau menikah wajib menanam pohon dan Kapolresnya harus diberi apresiasi. Untuk itu saya tegaskan di jajaran Polda wajib dan lakukan seperti yang Polres Sentani jalankan,” tambahnya.

Menurut Kapolda Papua, apa yang sudah dilakukan oleh Polres Sentani Kabupaten Jayapura ini harus diterapkan di jajaran Polda Papua.

“Bukan saja di tingkat Polres, kalo bisa di Polsek-polsek juga harus lakukan hal yang sama. Tanam sagu yang bagian daerah rawa-rawa begitu pun sebaliknya dan sesuaikan dengan kondisi lahan masing-masing. Dan saya akan perintahkan Karo SDM untuk jalankan ini di semua jajaran Polda Papua,” ungkapnya.

Menanam pohon adalah sebuah aktivitas yang wajib dan mulia, karena akan menjadi warisan bagi anak cucu kita di masa depan.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment