Kepolisian Daerah Maluku Utara Launching Penggunaan Rumah Kebangsaan Rempah Malut di Ternate

27 June 2023 - 14:30 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Ternate. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara, Irjen. Pol. Midi Siswoko, S.I.K., luncurkan penggunaan rumah kebangsaan rempah Malut untuk merespons berbagai aktivitas organisasi kemasyarakatan yang dipusatkan di Benteng Orange Ternate.

"Rumah kebangsaan ini awalnya merupakan inisiatif dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang tergabung dalam Cipayung plus yang mendapatkan respons positif dari bapak Presiden RI," ujar Irjen. Pol. Midi Siswoko, Senin (26/06/23).

Irjen. Pol. Midi Siswoko mengatakan rumah kebangsaan yang difasilitasi pendiriannya oleh Kapolri sebagaimana yang tercantum dalam program prioritas Kapolri yakni transformasi Polri menuju Polri yang presisi.

Baca Juga:  Kemlu: Kondisi WNI di Rusia Aman ditengah Pemberontakan Wagner

Adapun, fungsi rumah kebangsaan ini sebagai wadah kolaborasi dan kreatifitas bagi para remaja pemuda dan mahasiswa untuk memecahkan berbagai permasalahan anak bangsa yang dapat menimbulkan disintegrasi bangsa dan negara.

Di samping itu, pendirian rumah kebangsaan selaras dengan visi Indonesia Emas tahun 2045 yang akan dicapai melalui upaya menjaga persatuan dan kesatuan serta mempersiapkan SDM unggul dengan kemampuan kewirausahaan dan kemampuan kepemimpinannya.

Irjen. Pol. Midi Siswoko mengatakan bahwa wilayah di Malut sudah dikenal sebagai penghasil rempah yang sangat bernilai dan memiliki sejarah panjang dengan budaya yang luhur.

"Maka berangkat dari sejarah dan kearifan lokal tersebut pendirian rumah kebangsaan di Provinsi Malut dinamai dengan Rempah Malut atau Remaja dan Pemuda Harapan Malu," ujarnya.

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment