Jelang HUT Bhayangkara ke-77, Polisi Gelar Kerja Bakti Membersihkan Cagar Budaya Keraton Kasunanan Surakarta

21 June 2023 - 17:30 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Solo. Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta beserta Polsek jajaran melaksanakan kerja bakti membersihkan cagar budaya Keraton Kasunanan Surakarta di Kelurahan Baluwarti Kecamatan Pasar dalam rangka peringatan HUT ke-77 Hari Bhayangkara, Kliwon Solo, Jawa Tengah, Selasa, (20/6/23).

Dalam keterangannya Wakapolresta Surakarta, AKBP Catur Cahyono Wibowo, mengatakan kegiatan kerja bakti dilaksanakan dalam rangka rangkaian menyambut HUT Ke-77 Polri yang jatuh pada tanggal 1 Juli mendatang.

"Kami dalam Hari Bhayangkara tahun ini, dengan tema 'Revitalisasi Cagar Budaya dan Tempat Ibadah'. Kami melaksanakan dalam bentuk bersih-bersih di Keraton Kasunanan dan juga sedikit berbagi kasih dalam, bakti sosial kepada lingkungan sekitar keraton," ujarnya, seperti dilansir Antaranews, Selasa, (20/6/23).

AKBP Catur Cahyono Wibowo, mengatakan pihaknya kegiatan kerja bakti yang melibatkan sebanyak 110 personel dari Polresta bersama Polsek jajaran tersebut sudah melakukan koordinasi dengan pihak Keraton Kasunanan yakni dari baik Paku Buwono ke-13 maupun Kanjeng Ratu.

Baca Juga:  Polri Resmikan Sumber Air Bersih Bagi Masyarakat di Padang

Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan tersebut bertujuan dengan tema revitalisasi cagar budaya maupun tempat ibadah tersebut diharapkan satuan atas Polri bisa menjaga tempat-tempat yang menjadi cagar budaya, di mana bisa membantu kebersihan dan perbaikan sedikit dengan kerja sama pihak Keraton Kasunanan.

"Kami diharapkan baik dari satuan atas maupun Pimpinan Polri di wilayah khususnya Polresta Surakarta dengan cara membantu merawat dan melestarikan keraton ini, dapat menjaga cagar budaya yang harus dilindungi bersama," ujarnya.

Sementara itu, pihak Keraton Kasunanan Surakarta, KPH Eddy S. Wirabumi, menyampaikan pihak keraton bersama-sama dengan keluarga besar Polresta Surakarta yang dalam rangka Hari Bhayangkara melakukan kegiatan revitalisasi situs budaya.

Menurut dia kegiatan tersebut sekaligus untuk mendukung proses yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta dalam rangka untuk melakukan kajian dan proses revitalisasi situs-situs budaya di Kota Solo ini, semoga lancar dan sukses untuk bersama.

(fa/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment