Dukung Kapolri Wujudkan SDM Polri Unggul Era Police 4.0, Kapolda Kalsel Resmikan Aplikasi b-SDM

17 March 2024 - 13:40 WIB
www.tribratanews.com-Banjarmasin. Polda Kalsel luncurkan aplikasi b-SDM mendukung terlaksananya program prioritas Kapolri yaitu menjadikan SDM Polri unggul di Era Police 4.0. Peluncuran program aplikasi b-SDM ini berlangsung di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Selasa (16/3/2021).


Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto bersama Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono meresmikan aplikasi berbasis teknologi informasi digital

 
Selain itu dihadiri juga oleh Karo SDM Polda Kalsel, Kombes Pol Nanang Masbudi disaksikan pula para PJU Polda Kalsel.


 
Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto melalui Karo SDM, Kombes Pol Nanang Masbudi mengatakan, aplikasi b-SDM sebagai upaya memberikan pelayanan lebih mudah, praktis dan efisien untuk anggota Polri di Polda Kalsel.

Melalui aplikasi b-SDM, personel Polri yang bertugas di Polda Kalsel dapat mengakses sejumlah layanan yang diselenggarakan oleh Biro SDM melalui bagian-bagiannya termasuk Bagian Pengendalian Personel (Bagdalpers), pelayanan Bagian Pembinaan Karier (Bagbinkar), Bagian Perawatan Personel (Bagwatpers) dan Bagian Psikologi (Bagpsi).

Terkait Bagdalpers, personel dapat mengakses seputar pendidikan pengembangan umum (Dikbangum), pendidikan pembentukan (Diktuk), pendidikan pengembangan spesialisasi (Dikbangspes) hingga asisten e-learning.

Terkait Bagpsi, dapat diakses seputar tes senpi, konseling pra nikah hingga e-mental bagi para anggota Polri di Polda Kalsel.

Terkait Bagwatpers, dapat diakses seputar pengajuan cuti dan izin, izin nikah, pensiun, tanda kehormatan, pengakhiran dinas hingga soal gaji berkala.

Terkahir terkait Bagbinkar, dapat diakses seputar assesment dan kepangkatan.

Dirancang dengan menekankan pada aspek kemudahan pengguna, para personel Korps Bhayangkara bisa dengan mudah mengakses aplikasi b-SDM kapanpun melalui smartphone masing-masing.

Usai diluncurkan, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto dan Wakapolda Kalsel, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono didampingi Karo SDM Polda Kalsel memantau langsung pelaksanaan dan pemrosesan data-data dalam pelayanan aplikasi b-SDM.

Selain itu Karo SDM Polda Kalsel, Kombes Pol Nanang Masbudi, b-SDM turut mengurangi interaksi langsung dalam pelayanan terhadap para personel Polri di Polda Kalsel yang penting di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Berkaitan dengan situasi pandemi, dalam pelayanan ke prajurit ini berbasis digital tentu bisa memutus penyebaran Covid-19,"  ucap Karo SDM Polda Kalsel, Kombes Pol Nanang Masbudi
"Aplikasi b-SDM tidak cuma terkait kesejahteraan personel, juga ada pelatihan menguji kompetensi anggota terkait fungsi teknis Kepolisian. Ini bentuk dukungan Polda Kalsel terhadap program Kapolri," pungkasnya.


(bb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment