Deteksi Stunting Pada Anak, Polda Sulbar Luncurkan Aplikasi Si Centing Siamasei

15 September 2023 - 08:01 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Mamuju. Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Barat meluncurkan aplikasi Si Centing Siamasei, sebuah sistem informasi untuk mendeteksi masalah stunting pada anak-anak balita yang merujuk pada perkembangan fisik.

Kapolda Sulawesi Barat, Irjen. Pol. Drs. R. Adang Ginanjar S., M.M., mengatakan Si Centing Siamasei yang merupakan aplikasi pertama di Indonesia, juga dapat menghubungkan secara efektif antara bayi yang terindikasi stunting dengan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sulbar.

"Peluncuran aplikasi ini merupakan salah satu upaya Polda Sulbar dalam membantu pemerintah daerah menekan angka stunting di wilayah ini," ujar Kapolda, dilansir Antaranews, Kamis (14/9/23).

Adapun fitur yang disajikan pada aplikasi Si Centing Siamasei cukup beragam, seperti pendeteksi data antropometri, pemberian informasi dan edukasi tentang penyebab dampak dan pencegahan dalam pertumbuhan anak, perkembangan pertumbuhan anak secara teratur serta pemberian saran gizi yang seimbang.

Baca Juga:  Polres Kupang Mendistribusikan 6000 Liter Air Bersih Kepada Warga Desa Oesena

Selanjutnya Kapolda mengungkapkan bahwa aplikasi Si Centing Siamasei pada dasarnya dapat memberikan petunjuk yang jelas bagi ibu-ibu dan tenaga kesehatan tentang status bayinya dan tindakan apa yang bisa dilakukan.

Diketahui, aplikasi Si Centing Siamasei juga menyediakan layanan untuk pasien bertemu langsung atau datang ke Rumah Sakit Bhayangkara.

Setelah mendapatkan penilaian dari pihak rumah sakit tambahnya, maka bisa masuk ke dalam program hospital parenting stunting.

Kapolda menuturkan aplikasi tersebut bukan hanya berkontribusi pada edukasi keluarga tetapi juga solusi nyata bagi permasalahan stunting yang memerlukan bantuan tenaga medik.

Peluncuran aplikasi Si Centing Siamasei tersebut ditandai penandatanganan kerja sama pencegahan, penanggulangan dan penurunan stunting di Provinsi Sulbar yang juga dirangkaikan pemasangan atribut rompi sebagai Satgas Pencegahan Stunting Sulbar.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment