Cegah Karhutla Hingga Hadapi COVID-19, Polda Kalteng Dirikan Desa Pantang Mundur dan Desa Lumbung Pangan

15 June 2020 - 10:51 WIB
www.tribratanews.com- . Untuk mencegah peredaran COVID-19, Polda Kalimantan Tengah mendirikan Desa Pantang Mundur atau Lewu Isen Mulang. Hal ini karena, penyebaran COVID-19 sangat berdampak luas terhadap kehidupan sosial hingga ekonomi.
Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan didirikannya desa,karena virus Corona dinilai sebagai suatu ancaman yang sangat merugikan. Selain itu belum terlihatnya dampak dari upaya memutus penyebaran COVID-19.
"Upaya-upaya telah dilakukan untuk memutus mata rantai Penyebaran COVID-19 sudah dilakukan namun langkah-langkah tersebut belum dapat terlihat pengaruhnya terhadap penurunan penyebaran COVID-19, bahkan tidak jarang menimbulkan konflik dan perselisihan dalam pelaksanaannya," kata Kapolda Kalteng, Minggu (14/6/2020).
Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, Isen Mulang mengandung makna ketangguhan dan keuletan masyarakat suku Dayak dalam menghadapi tantangan dinamika pembangunan. Kapolda optimis dengan didirikannya Lewu Isen Mulang, bisa menimbulkan kembali semangat masyarakat dalam menghadapi virus Corona.
"Dengan mengobarkan lagi semangat Isen Mulang di masyarakat, diharapkan dapat menimbulkan sikap optimis dan semangat juang dalam menghadapi masa pandemic COVID-19," jelasnya.
Selain itu, Polda Kalteng juga mendirikan Lewu Lusuk Parei atau Desa Lumbung Pangan Ketahanan Pangan. Kapolda berharap dengan adanya lumbung ini bisa meningkatkan ekonomi dan desa-desa di Kalimantan Tengah dapat menjadi daerah lumbung pangan.
"Tentulah harus bersiap ikut berkontribusi dalam pembangunan di berbagai sektor, terutama pada fokus infrastruktur, bidang pertanian secara luas, peternakan, perikanan dan bidang lainnya. Dengan adanya program Lewu Lusuk Parei, diharapkan desa-desa yang ada di Kalimantan tengah, dapat mempersiapkan diri sebagai daerah lumbung pangan pada saat pemindahan ibukota negara telah dilaksanakan, selain dapat meningkatkan tarat ekonomi dan sosial masyarakat desa," jelas Kapolda Kalteng.

(bb/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment