Pertama Kali Dipercaya Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI), Jakarta Siap Jadi Tuan Rumah Tissot UCI Track Nation Cup 2023

12 February 2023 - 10:00 WIB
NOC Indonesia

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Menjadi seri pertama kualifikasi balap sepeda disiplin trek untuk Olimpiade Paris 2024, Jakarta International Velodrome dipastikan siap menjadi tuan rumah gelaran Tissot UCI Track Nation Cup 2023, 23-26 Februari mendatang. Ini pertama kalinya Indonesia dipercaya UCI (Federasi Balap Sepeda Dunia) menjadi tuan rumah ajang berkelas dunia. Terlebih, ini menjadi seri pertama kualifikasi Road to Olympic Paris 2024, Sabtu (11/2/23).

Nations Cup ini dulunya merupakan seri World Cup untuk nomor trek yang berganti nama. Seri ini melombakan atlet balap sepeda trek terbaik dari seluruh dunia untuk mengumpulkan poin menuju Olimpiade.

Baca juga : Tim Pebulu Tangkis Indonesia Kirim 16 Wakil ke Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023

"Bukan hanya kami sebagai tuan rumah penyelenggara yang sangat bangga, tapi pasti seluruh masyarakat Indonesia juga, karena tidak mudah mendapatkan kepercayaan dunia untuk bisa menggelar event sebesar ini. Terlebih, kita punya velodrome terbaik dunia," jelas Ketua Penyelenggara Tissot UCI Track Nation Cup 2023, Novian Herbowo, dilansir dari rri.co.id, Sabtu (11/2/23).

"Event ini pun menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki kapasitas menjadi Tuan Rumah Event internasional, dan terus bersiap diri untuk menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2036," ungkapnya.

Sebelumnya, Velodrome Rawamangun telah menggelar ajang Internasional Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, dan Kejuaraan Asia 2019. Kesiapan Velodrome Rawamangun tak perlu diragukan lagi untuk menjamu lebih dari 500 atlet elite balap sepeda trek dunia.

"Kami siap untuk menyambut dan memberikan yang terbaik untuk lebih dari 500 atlet balap sepda terbaik dunia yang akan hadir," jelas Ketua Penyelenggara Tissot UCI Track Nation Cup 2023

"Kami berharap semoga para atlet nasional Indonesia bisa mendapatkan prestasi terbaik mereka karena berlomba di kandang sendiri dengan dukungan penuh baik dari unsur pemerintah, komunitas dan juga masyarakat indonesia," ungkapnya

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari berharap, Indonesia dapat memanfaatkan penyelenggaraan ajang ini. Menurutnya, penyelenggaraan UCI Track Nation Cup 2023 sekaligus menunjukkan bahwa Indonesia memiliki Velodrome terbaik di dunia.

“Hanya ada satu Velodrome seperti ini (Velodrome Rawamangun) di dunia. Ini akan menjadi value bagi kita untuk berdiplomasi bahwa kita memiliki Velodrome terbaik. Turnamen yang menjadi perburuan poin kualifikasi Olimpiade ini juga menjadi cara kita untuk berdiplomasi, bahwa Indonesia bisa, sebab mata dunia akan memandang Indonesia dan kita harus menjaga nama baik negara kita,” ungkapnya.

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment